RT 01 Cantilan, Dari Kumuh Jadi Bersih dan Hijau

0
640 views

SERANG – Warga RT 01 RW 09, Lingkungan Cantilan, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, berhasil menyulap kampungnya menjadi lebih hijau. Penuh tanaman. Tak cuma di pinggir jalan, tapi juga di setiap pekarangan rumah warga.

Kampung ini sebelumnya kumuh. Jalannya rusak. Selokan juga mampat. Pekarangan rumah dan pinggir jalan di RT 01 pun minim penghijauan.

Namun, kampung ini berubah ketika penilaian terakhir Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 akan dimulai pada 31 Agustus. Jauh lebih bersih dan tertata.

Ketua Penggerak Lingkungan RT 01 Nunung Maryati mengatakan, penataan RT 01 benar-benar dimulai dari nol. Sekarang, kampungnya telah memiliki gapura permanen. “Kita menyulap kampung jadi lebih hijau,” tegasnya kepada Radar Banten, Selasa (25/8).

Warga RT ini juga membuat mural di tembok-tembok rumah. Lukisan ini membuat lingkungan jadi lebih berwarna.

Nunung menilai, konsep penghijauan sangat cocok diterapkan di Lingkingan Cantilan. Soalnya, kampungnya gersang. Ketika siang hari, debu jalanan beterbangan dan mengganggu pernafasan. “Penghijauan ini atas kesepakatan warga,” jelasnya.

Nunung menilai, kategori lomba bidang keamanan di RT-nya masih kurang. Warga belum rampung membangun pos ronda. ”Tapi SK (surat keputusan-red) kelompok sadar hukum dan kelompok sadar lingkungannya sudah ada,” serunya.

Ia pun berharap, RT 01 mampu bersaing dan mendapat hasil maksimal. “Harus optimis, apalagi warga juga sudah aktif gotong royong lagi,” ungkap Nunung.

Lurah Kagungan Sobirin mengapresiasi warga RT 01 karena sudah berusaha maksimal menata kampung menjadi lebih baik. Ia berharap, semua RT di Kelurahan Kagungan bisa termotivasi.

”LRLA benar-benar membawa perubahan bagi kondisi lingkungan di sini,” tegasnya. (mg06/don)