RT 01, Cimuncang Cilik, Usung Tema Islami

0
243

SERANG – Warga Lingkungan Cimuncang Cilik, RT 01 RW 014, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, telah mulai merealisasikan konsep penataan lingkungannya, beberapa pekan lalu. Temanya, islami dan pendidikan.

Dijelaskan Ketua RT 01 RW 014 Ahmad Iryani, tema islami dan pendidikan dituangkan pada pagar rumah warga dan tembok-tembok di sepanjang gang di RT ini. Hal itu terlihat ketika Banten TV mengunjungi perkampungan ini, Rabu (1/4). Tembok rumah warga dan tembok di pinggir jalan telah dihiasi gambar karikatur dan tulisan sesuai tema yang diusung. Salah satunya, asma’ul husna.

“Tema yang diambil sesuai denga lingkungan yang ada. Kebeneran di lingkungan kami ada masjid, maka di gang yang berdekatan dengan masjid di cat dan digambar dengan tema islami seperti asma’ul husna. Khusus di gang yang menuju ke sekolah, kita gambar dengan mengambil tema pendidikan,” terang Ahmad Iryani.

Warga RT 01 RW 014 disebutkan antusias mengikuti Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. menurut Ahmad Iryani, semua warganya bahu-membahu bergotong royong membantu penataan lingkungannya sesuai kemampuan tiap warga.

Pengecatan dengan tema islami, ungkap Ahmad Iryani, dilakukan warga secara mandiri. Cat yang digunakan tidak berasal dari bantuan. Melainkan dari uang pribadi warga RT 01 RW 014. “Warga rata-rata beli cat sendiri dan menata sendiri,” ujarnya.

Warga perkampungan ini juga melakukan penghijauan. Warga memanfaatkan kaleng bekas cat dan limbah peti dari Pasar Induk Rau, Kota Serang, untuk dijadikan pot tanaman. ”Pot dari peti limbah dicat dulu. Nanti ditanami tanaman yang dinilai bermanfaat buat keluarga seperti cabai, tomat, dan lainnya,” tutur Ahmad Iryani.

Ketua RW 014, Lingkungan Cimuncang Cilik, Sularto pun mengakui jika warga di lingkungannya sangat antusias mengikuti kampung bersih dan aman ini. Di RW ini, lanjutnya, ada empat RT yang mengikuti lomba. “RT 01, RT 02, RT 03, sama RT 04. Setiap RT juga sudah mengagendakan kegiatan kerja bakti lingkungan yang waktunya disesuaikan dengan kesepakatan warga,” tutupnya. (rio/don)