RT 01 Cinanggung, Hijau dan Berwarna

0
618 views

SERANG – Penataan RT 01 RW 03, Lingkungan Cinanggung, Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, masih berlangsung. Warga memproyeksikan lingkungannya menjadi lebih hijau dan berwarna.

“Lingkungan kami memang sudah sejak empat tahun lalu melakukan penataan dengan penghijauan, tapi memang tidak semassif sekarang untuk Lomba Resik Lan Aman (LRLA Kota Serang 2020-red). Di Lingkungan Cinanggung, ada lima RT yang ikut lomba ini,” kata Ketua RW 03 Haripan Sepono.

Ia menjelaskan, penghijauan di lima RT itu telah dimulai. Tanaman jenis sayur yang digunakan untuk menghijaukan lingkungan.

Penataan lingkungan di lima RT peserta LRLA ini, jelas Haripan, tidak hanya dilakukan oleh warga RT peserta LRLA. Warga RT lain di RW 03 yang tidak ikut LRLA pun ikut menghias lingkungannya.

“Alhamdulillah, RT yang tidak ikut juga membantu, karena beberapa RT di lingkungan kami, batasnya jalan. Jadi kalau (RT-red) yang tidak ikut (LRLA-red), enggak melakukan penataan, kalau dilihat kan enggak bagus,” terang Haripan.

Di RT 01, penghijauan menggunakan tanaman bunga dan jenis sayur. Pengecatan untuk menambah warna kampung ini juga dilakukan. Tembok rumah dan pagar dilukis menggunakan cat tembok.

Menurut Ketua RT 01 Samhudi, penghijauan di RT-nya dilakukan warga menggunakan pot dan pot ganrung di halaman rumah. Warga memanfaatkan botol plastik bekas.

“Kemarin-kemarin, penataannya dilakukan setiap malam karena kalau siang, pada kerja. Cuma sekarang hari Minggu saja, karena persiapan kami sudah sekitar 70 persen,” tutur Samhudi. (rio/don)