RT 01 Cukup Rapi, tapi Belum Plus

0
634 views

CURUG – RT 01 RW 04, Lingkungan Bengkeng Umbul, Kelurahan/Kecamatan Curug, cukup rapi dan bersih. Tanaman hijau dan bunga pun ada di hampir semua halaman rumah warganya. Namun, pengelolaan sampahnya belum bernilai plus.

Warga RT ini memang telah menata lingkungannya. Mereka fokus pada penghijauan. Tanaman hijau dan bunga tak hanya berada di hampir setiap rumah warganya. Tanaman juga tertata di pinggir jalan. Namun, warga tidak menanamnya langsung ke tanah. Melainkan di dalan pot. Tanaman juga berada di dalam pot gantung dari botol plastik bekas kemasan minuman.

“Lingkungan ini terlihat sudah banyak penghijauannya. Hampir di setiap rumah ada tanaman yang dipelihara tapi belum tertata dengan apik. Mereka sudah terlihat upayanya dengan lebih banyak memelihara tanaman berbunga. Yang menjadi catatan adalah ruang terbuka hijau (RTH-red)-nya. Ada RTH, tapi belum dikelola dengan baik,” kata juri Anita Viliana, Jumat (15/5).

Warga RT 01 ini, lanjut Anita, juga belum mengelola lingkungan dengan baik. Warga belum berinovasi membuat lingkungannya tidak hanya resik lan aman. Dalam pengelolaan sampah misalnya, belum bernilai plus. Warga belum bisa mengolah sampah menjadi barang bernilai ekonomi.

Pos ronda di RT ini juga masih jauh dari ideal. Sarana dan prasarananya belum lengkap. “Baru ada kentongan sama jadwal ronda. Ini rata sih, hampir di semua pos ronda yang kita lihat. Seharusnya, di pos ronda ada senter, nomor telepon penting, borgol, alat pemadam api ringan (apar-red), atau alat pemadam tradisional seperti karung goni,” terang Yayat, juri dari perwakilan Polres Serang Kota. “Masih ada waktu untuk pembenahan. Saya harap, di penilaian kedua nanti, yang menjadi kekurangan saat ini bisa dilengkapi,” tambahnya. (rio/don)