RT 01 Kubangasem Bersolek

0
127

CIPOCOK JAYA – Kumuh, sampah berserakan di mana-mana, dan tak tertata rapi. Tiga hal itu dilontarkan oleh Ketua RT 01 RW 05, Kelurahan  Tembong, Kecamatan Cipocok Jaya, Saripudin saat menggambarkan kondisi lingkungannya kepada Radar Banten. Tapi, itu dulu.

Sekarang, RT di Lingkungan Kubangasem ini terlihat cukup bersih dan rapi. Di kanan-kiri jalanan di RT ini, telah dilengkapi pagar bambu warna-warni. Jadi enak dipandang.

Begitu juga dengan pos ronda RT 01. Warga telah mengecatnya. Juga dengan bermacam warna. Perkampungan ini telah merias dirinya untuk bersaing dengan RT lain di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

“Alhamdulillah, persiapan sudah mulai sejak sebulan lalu. Yang sudah dikerjakan baru 50 persen. Baru renovasi pos ronda, pembuatan pagar lingkungan, dan perbaikan drainase lingkungan. Tadinya acak-acakan, sekarang sudah rapi,” kata Ketua RT 01 Saripudin, kemarin (20/4) siang.

Warga berencana menanam beberapa tanaman di bahu jalan di RT-nya, membuat apotek hidup, dan pengecatan jalan berkonstruksi paving block. “Nanti, setelah situasi membaik (bebas virus corona-red), kita langsung tancap gas,” tandas Saripudin.

Persiapan warga lainnya adalah mengaktifkan siskamling. Agar lingkungan RT 01 aman, Saipudin mengaku, pihaknya rutin berkoordinasi dengan bhabinkamtibmas dan babinsa. “Kita juga akan melengkapi komponen penilaian lainnya, seperti pembentukan kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok penggerak sadar hukum,” tuturnya.

Terpisah, Lurah Tembong Edi Junaedi mengatakan, enam RT yang menjadi perwakilan Kelurahan Tembong mengikuti LRLA Kota Serang 2020 bukan karena lingkungannya sudah tertata rapi. “Sebaliknya, enam RT kami tunjuk karena paling rendah kepedulian terhadap lingkungan. Tapi sekarang, enam RT ini yang paling asri dan bersih,” jelasnya. (dre/don)