RT 01 Lontarbaru Lebih kepada Pengelolaan Sampah

0
871 views

SERANG – Penerapan sistem 3-R (reduce, recycle, reuse) tengah menjadi perhatian warga RT 01 RW 04, Lingkungan/Kelurahan Lontarbaru, Kecamatan Serang. Pengelolaan sampah rumah tangga di perkampungan ini dikembangkan dan berkelanjutan.

“Kami memang lebih fokus di pengelolaan sampahnya, karena di lingkungan kami sudah ada bank sampah sejak tahun 2014. Kegiatannya pun sudah berjalan. Saat ini, fokus kami di botol plastik, sampah plastik, dan kertas. Ibu-ibu menjadi penggerak di Lomba Resik Lan Aman (LRLA Kota Serang 2020-red),” kata Syarifah Hanum yang ditunjuk sebagai koordinator LRLA di RT 01 pada Rabu (1/7).

Keberadaan bank sampah di RT ini, menurut Syarifah, membuat warga bisa memilah sampah organik dan nonorganik. Sampah yang telah dipilah dijual ke bank sampah. Sampah yang tidak laku dijual, dimanfaatkan oleh warga untuk barang kerajinan tangan.

“Kami tidak mau menghias lingkungan hanya untuk lomba (LRLA Kota Serang 2020-red). Kami fokuskan di pengelolaan sampah dan mengelola kebun tanaman di lahan kosong seluas 400 meter. Ibu-ibu juga terus mengelola halaman rumah masing-masing dengan menanam sayuran dan tanaman obat,” jelas Syarifah.

Penataan RT 01 untuk menghadapi lomba tidak menjadi fokus warga, karena menurut warga bernama Alamsyah Basri, lantaran karakteristik RT-nya berbeda dengan lingkungan lain. Bapak-bapak di RT ini, rata-rata telah berusia sepuh, sehingga aktivitasnya terbatas.

“Pemuda juga ada, tapi enggak banyak. Makanya, rata-rata ibu ibu yang berperan. Oleh karena itu, konsep kampung resik lan aman kami tidak penuh warna-warni, tetapi lebih kepada kebermanfaatannya bagi warga. Ada juga pengecatan, tapi enggak banyak,” jelasnya. (rio/don)