RT 01 Masih Perlu Penghijauan

TAKTAKAN – Tim 2 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 menyarankan warga dan pengurus RT 01 RW 03, Lingkungan Buahlaler, Kelurahan/Kecamatan Taktakan, melakukan penghijauan. Saran dari hasil penilaian lingkungan RT ini dilakukan tim juri pada Kamis (7/5).

Menurut ketua tim 2 Ipda Rahmat Musriyanto, dari aspek partisipasi warga serta kebersihan lingkungan, RT 01 sudah bagus. Penataan dilakukan dengan maksimal. Warga telah mengecat  pos ronda, membangun gapura, dan menghias lingkungan dan jalan dengan memanfaatkan sampah plastik.  Jalanan di RT ini bebas sampah. “Tinggal ditambah penghijauan, biar makin indah,” katanya kepada Radar Banten.

Rahmat menyarankan warga untuk memperbanyak tanaman hijau di pekarangan rumah. Ruang terbuka hijau dibutuhkan lingkungan ini. Kemudian, warga juga bisa memanfaatkan lahan sempit untuk tanaman hidroponik. “Soalnya, kalau cuma bersih tapi enggak ada penghijauan, rasanya gersang juga,” katanya.

Aspek keamanan RT 01 juga dinilai kondusif. Di lingkungan ini, sebut Rahmat, belum pernah terjadi kasus tindak kriminal seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pencurian, dan kenakalan atau tawuran antar-remaja. “Pos rondanya juga sudah dibangun permanen dengan siskamling yang aktif,” jelasnya.

Rahmat berharap, warga RT 01 bisa mempertahankan serta meningkatkan penataan lingkungan untuk penilaian tahap kedua, sekira Agustus 2020. “Jangan kendor,” ajaknya.

Lurah Taktakan Erlinawati mengaku sudah menginstruksikan warganya untuk memiliki tanaman dalam pot di masing-masing rumah. “Saran tim juri harus segera kita aplikasikan, untuk keuntungan warga juga,” tegasnya. (mg06/don)