RT 01 Menuju Lingkungan Teraman

CIBEO – RT 01 RW 01, Lingkungan Cibeo, Kelurahan Pancalaksana, Kecamatan Curug, diproyeksikan menjadi lingkungan teraman di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Warganya ingin nyaman tinggal di lingkungannya. Terhindar dari kejahatan.

Tekad warga dan pengurus RT ini karena wilayah RT 01 berada di jalan alternatif menuju Kecamatan Baros, Kabupaten Serang. Menurut Ketua RT 01 Eli Suheli, jalur ini cukup rawan kejahatan. “Beberapa waktu lalu, di kampung tetangga pernah terjadi pembegalan terhadap pelajar. Untungnya motor korban tidak sempat dibawa kabur karena keburu diterikin maling. Tapi, pelaku berhasil membawa kabur handphone korban. Jauh sebelum kejadian tersebut, di kampung tetangga lainnya juga terjadi pembegalan sepeda motor,” ungkapnya kepada Radar Banten, Selasa (21/4) siang.

Oleh karena itu, warga dan pengurus RT 01 sepakat untuk menciptakan lingkungan mereka aman. “Kita tidak mau ada kriminalitas. Sejak LRLA dimulai, kami langsung koordinasi dengan bhabinkamtibmas dan babinsa guna mengaktifkan kembali siskamling. Di LRLA kan ada kategori kelompok penggerak sadar hukum, kami sudah koordinasi untuk membentuknya,” terangnya.

Eli mengakui, sebelum LRLA digulirkan, siskamling di wilayahnya tidak berjalan. “Sekarang udah jalan lagi. Kami sudah sepakat untuk menjadikan RT 01 aman. Pos ronda sudah nyaman lah. Fasilitas pendukung seperti kentongan dan borgol sudah ada,” ujarnya.

Menghadapi LRLA, warga RT 01 sudah membenahi lingkungannya. Saat ini, hampir di setiap pekarangan rumah telah hijau oleh tanaman. Ada tanaman obat keluarga (toga), tanaman hias, dan bunga. 

“Ibu-ibu RT 01 sudah memprogramkan kegiatan untuk persiapan LRLA. Konsepnya sudah ada. Tapi, sekarang kan terbentur pendemi virus corona. Semua menjadi terhambat untuk sementara,” tutur Arsanah, Kader PKK RT 01 RW 01. Lurah Pancalaksana Ahmad Supi mengatakan bahwa pihaknya intens berkoordinasi dengan pengurus enam RT yang diikutkan LRLA.

“Hindari berkerumun atau kegiatan yang melibatkan massa. Persiapannya di halaman masing-masing saja dulu. Banyak hal yang bisa kita lakukan secara mandiri. Persiapan (LRLA-red) akan dimaksimalkan lagi setelah pendemi corona lenyap,” pungkasnya. (dre/don)