RT 01 Prapatan Diapresiasi, meskipun Masih Banyak PR

0
666 views

CURUG – Keinginan warga RT 01 RW 01, Lingkungan Prapatan, Kelurahan Curug, Kecamatan Curug, untuk menjadikan lingkungannya sebagai kampung wisata, tampaknya belum bisa langsung terpenuhi. Sebab, dinilai masih banyak kekurangan. Masih banyak hal yang harus dilakukan warga dan pengurus RT menuju kampung wisata.   

Hal itu terungkap dari hasil kunjungan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Serang Hj Ade Jumaiyah ke RT 01, Senin (13/7). Kunjungan istri Walikota Serang ini dadakan. Ia melakukannya usai mengikuti kegiatan di kantor Kecamatan Curug.

Ade yang juga menjadi anggota Dewan Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang menilai, warga RT 01 masih punya banyak pekerjaan rumah. Tidak hanya untuk merealisasikan tekadnya menjadi kampung wisata. Tetapi juga terkait perlombaan. Karena itu, ia mengaku telah memberikan banyak masukan kepada Ketua RT 01 Ruhidi Arafat dan warga untuk persiapan kampungnya menuju penilaian tahap dua LRLA, Agustus mendatang.

“Masih banyak PR (pekerjaan rumah-red) yang harus dikerjakan warga,” tegas Ade kepada Radar Banten.

Secara keseluruhan, lingkungan RT 01 sudah ditata sedemikian rupa. Dari pemagaran di kanan dan kiri jalan, lengkap dengan tanaman. Gambar tiga dimesi. Spot foto. Serta, menara bambu yang masih tahap pengerjaan. Sekilas, menara bambu ini mirip menara terkenal di Paris, Perancis.

Namun, Ade menganggap, penghijauan di RT 01 masih belum cukup. Pasalnya, warga hanya menghijaukan lahan di pinggir jalan. Ia pun meminta agar warga menghijaukan pula pekarangan rumahnya.

“Supaya rumah-rumah itu terlihat sejuk, segar, dan hijau,” ujar Ade.

RT 01, lanjutnya, juga perlu menambah hiasan tanaman bunga yang ditanam di tanah. “Yang ada baru tanaman sayuran sawi yang ditanam pakai polybag,” katanya.

Ade mengimbau, warga RT 01 harus lebih kreatif, inisiatif, serta inovatif jika ingin mendapat poin tinggi saat penilaian tahap dua LRLA. Kreativitas bisa dilakukan dengan mengecat jalan dengan bermacam gambar. “Misalnya kan yang sudah ada gambar perahu, tapi belum ada gambar laut atau danaunya,” ungkapnya.

Ia meminta, tekad warga RT 01 untuk menjadikan lingkungannya sebagai kampung wisata mesti ditambah. Penataan lingkungan RT ini masih perlu peningkatan.

“Tapi saya mengapresiasi semangat dan kekompakan warga sini. Pemuda harus lebih kompak lagi,” ujar Ade.

Ruhidi Arafat mengaku senang RT-nya dikunjungi perwakilan tim juri. Ia akan segera melaksanakan semua arahan Ade Jumaiyah agar memenuhi kriteria LRLA bisa dipenuhi.

“Kami bakal lebih semangat lagi melakukan penataan,” tegasnya. (mg06/don)