RT 01 Prapatan Siap Jadi Kampung Wisata

CURUG – Warga RT 01 RW 01, Lingkungan Prapatan, Kelurahan/Kecamatan Curug, mengklaim, kampungnya  telah siap dinobatkan sebagai kampung wisata. Penataan lingkungan di RT ini makin massif. Punya spot foto dan mulai rapi dengan hiasan dari bambu.

Ketua RT 01 Ruhidi Arafat mengakui, perubahan di kampungnya karena Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Terlebih, penilaian tahap kedua bakal dimulai, awal Agustus mendatang. Warga semakin termotivasi untuk membenahi lingkungannya.

Warga tidak hanya menjaga kebersihan lingkungannya dengan bersih-bersih. Tetapi, juga melakukan pemagaran jalan, penghijauan, sampai membuat menara tower dari bambu dan spot foto.

“Kita persiapkan diri dengan matang, sehingga layak jadi kampung wisata,” tandas Ruhidi kepada Radar Banten, Kamis (9/7).

Ia menjelaskan, kegiatan gorong royong dilakukan warganya setiap akhir pekan, dari hari Jumat hingga Minggu. Kegiatan ini merupakan inisiatif warga yang resah dengan kondisi kampungnya kotor.

“Ini juga dampak positif dari LRLA. Gotong royong warga kompak lagi,” ungkap Ruhidi.

Sejak penilaian LRLA tahap pertama, warga RT 01 langsung menambah hari pelaksanaan gotong royong. Yang tadinya hanya sehari dalam sepekan, yakni pada Jumat pagi, menjadi tiga hari. Warga mulai melakukan penghijauan, menanam bunga, melengkapi alat keamanan di pos ronda, serta membuat spot foto.

“Kita juga punya menara sebagai ikon aja. Spot fotonya juga kita kasih nama Link Tower,” jelas Ruhidi.

Sekarang, kata Ruhidi, RT 01 sudah dipenuhi hiasan dari bambu dan ban bekas. Telah ada bambu warna-warni yang dibentuk seperti gapura mini. Bambu juga menjadi bahan utama pagar.

Kegiatan warga mendekorasi lingkungannya ini, menurut Ruhidi, merupakan hasil swadaya warga dan dana stimulan dari Pemkot Serang sebesar Rp5 juta. “Warga kompak iuran. Kalau cuma mengandalkan dana dari Pemkot mah kurang,” katanya.

Babinsa Koramil Curug Kopral Satu (Koptu) Sugito mengaku optimistis, RT 01 bisa mendapat hasil maksimal pada penilaian tahap kedua nanti. Soalnya, arahan tim juri saat penilaian tahap pertama, mulai dilengkapi bertahap.

“Insya Allah, juara. Saya sudah imbau agar jangan sampai ada satu pun persyaratan yang terlupakan,” ujarnya. (mg06/don)