RT 01 Purnabakti Bersih dan Berwarna

0
958 views

TAKTAKAN – Manfaat Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 di Lingkungan Purnabakti, RT 01 RW 10, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan sudah terasa. Kampung ini menjadi bersih dan berwarna.

Jalan di perkampungan ini tampak bersih, tak ada sampah plastik atau apa pun. Tembok pembatas jalan pun dicat warna-warni, ada pula mural bergambar orang dengan kalimat dilarang membuang sampah sembarangan. Bahkan, hampir semua pekarangan rumah dihiasi dengan pot tanaman.

Ketua RT 01 Mulyadi mengatakan, sejak ada LRLA, warga langsung bergerak melakukan gotong royong membersihkan lingkungan. Selanjutnya menghias lingkungan dengan pot tanaman. “Di setiap rumah, diwajibkan memajang lima pot tanaman,” kata Mulyadi kepada Radar Banten, Jumat (24/7).

Ide lingkungan bersih dan berwarna ini, kata Mulyadi, merupakan kesepakatan warga saat rapat bersama sebelum wabah corona. Lingkungan RT 01 yang dahulu terasa gersang, kini jauh lebih asri dan sejuk meski terik matahari menyengat. “Lingkungan jadi adem, setiap pagi dan sore warga jadi rajin olahraga,” katanya.

Mulyadi mengaku sudah membentuk kelompok sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan lengkap dengan SK dari Kelurahan Drangong. Rencananya, warga akan menambah tanaman hijau lebih banyak, serta membuat pengecatan list jalan warna-warni. “Kita targetkan akhir Juli semuanya sudah selesai,” ujarnya.

Lurah Drangong, H Slamet Santosa mengaku, semenjak ada LRLA Kota Serang 2020, warga jadi semakin rajin dan semangat menanam pohon di pot. Masing-masing rumah membeli sendiri dengan biaya pribadi. “Artinya, warga sangat antusias dan serius menyambut LRLA,” katanya.

Slamet berharap, warga memiliki semangat untuk meraih juara bukan karena hadiah, tapi karena benar-benar ingin menunjukkan jika Lingkungan Purnabakti benar-benar bersih dan aman. “Harus optimistis juara dan terbaik dari lingkungan lainnya,” tegasnya. (mg06/air)