RT 01 Susukan Jadi Lebih Rapi

0
873 views

CIPOCOK JAYA – Perkampungan di RT 01 RW 08, Kelurahan Panancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, terlihat berbeda. Tidak banyak memang. Tapi, RT di , Lingkungan Susukan ini terlihat lebih rapi dan berwarna. Berbeda dengan ketika penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Saat penilaian tahap pertama, periode 4-15 Mei 2020, RT 01 sama sekali belum ditata dan dibenahi oleh warganya. Perkampungan ini tidak siap untuk dinilai oleh tim juri LRLA.

Namun, kini, pengurus dan warga RT ini rupanya telah menata kampungnya. Mereka memagari jalanan di lingkungannya dengan bambu. Kemudian, mengecatnya. Pos ronda RT 01 juga telah dicat ulang. 

“Penataan awal adalah pemagaran, pengecatan dan, merenovasi pos ronda. Penghijauan baru beberapa rumah karena tanaman yang disiapkan masih perlu disemai. Sekarang, karena masih belum ada penataan lagi, yang dilakukan warga adalah perawatan, khususnya pagar bambu dan tanaman yang sudah dipasang di pinggir jalan,” jelas Ketua RT 01 Sukroni.

Pos ronda RT 01, menurut Sukroni, hanya dicat ulang. “Kami hanya mengecat ulang. Nanti peralatannya akan kami lengkapi. Sekarang belum, karena warga belum bergotong royong lagi,” jelasnya.

Sukroni menuding kerusakan jalan di kampungnya membuat hasil penataan oleh warganya tidak terlihat. Ia mengaku telah menyampaikan kerusakan jalan itu kepada Pemerintah Kelurahan Panancangan. Harapannya, segera diperbaiki.

“Karena jalan rusak dan berdebu, pengecatan yang kami lakukan jadi terlihat pecuma. Warna cat tertutup debu. Kalau musim hujan, becek banget,” keluhnya.

Senada disampaikan warga RT 01 Nur Fitri. Katanya, perkampungan RT 01 sedikit berubah lebih baik setelah pemagaran dan pengecatan pagar dilakukan warga. Namun, hasil penataan warga itu tertutup oleh kerusakan jalan di kampungnya.

“Untuk jalan memang sudah parah. Seharusnya pemerintah daerah bisa turun memperbaiki. Saya berharap, perbaikan jalan lingkungan sini bisa segera dilakukan, agar lingkungan RT 01 bisa lebih nyaman,” ujar Nur. (rio/don)