RT 01 Tinggal Menyempurnakan Kategori Keamanan

SERANG – Berwarna, hijau, dan tertata. Penilaian sementara Tim 8 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 ini disampaikan ketika mengunjungi RT 01 RW 07, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, Senin (4/5). Agar bisa mendapatkan poin besar, warga RT ini disebutkan tinggal menyempurnakan keamanan lingkungannya.

Di dekat gang masuk RT 04, dinding rumah warga yang menghadap ke jalan telah dihiasi lukisan pemandangan alam serta tulisan berisi imbauan agar menjauhi narkoba. Tim juri dibuat terkesima dengan grafiti buatan warga RT di Lingkungan Kelapadua tersebut.

Ketua Tim 8 Ipda Deden Sahrul menyatakan, semua aspek kebersihan lingkungan telah dilakukan oleh warga RT 01. Di antaranya, penghijauan, partisipasi aktif warga, serta penataan lingkungan. “Di sini (RT 01-red) juga sudah ada pos ronda yang bagus,” katanya menilai.

Dijelaskan Deden, pos ronda RT 01 telah didekorasi. Warga mengecatnya dengan warna-warna cerah. Kendati demikian, tim juri masih menemukan kekurangan. Peralatan keamanan seperti borgol, nomor telepon penting/darurat, nomor telepon bhabinkamtibmas dan babinsa, buku mutasi ronda malam atau buku tamu belum ada di pos ronda. “Tapi, katanya sih, di sini keamanannya kondusif,” ujarnya.

Deden tetap meminta pengurus dan warga RT 01 segera melengkapi peralatan keamanan di pos ronda. Tujuannya, agar petugas ronda malam bisa segera memberikan bantuan ketika ada warga TR 01 atau warga luar yang butuh bantuan.

“Semoga, di tahap penilaian kedua nanti, keamanannya sudah lengkap,” harap perwira pertama polisi dari Polres Serang Kota itu.

Anggota tim 8 Pelda H Aristama menambahkan, warga RT 01 juga perlu membentuk kelompok penggerak sadar hukum untuk menyempurnakan komponen penilaian keamanan lingkungan. Apalagi, pengurus RT 01 telah membentuk kelompok pemuda penggerak lingkungan, meskipun belum disahkan melalui surat keputusan Lurah Kagungan. Kelompok ini dinamakan Sadulur Gowes Club.

“Nanti anggota kelompok sadar hukumnya bisa dari klub gowes juga,” saran Aristama.

Menanggapi itu, Ketua RT 01 Rukman mengaku, sistem keamanan lingkungan (siskamling) di wilayahnya diaktifkan lagi sejak mengikuti LRLA. Warga rutin ronda malam sesuai jadwal. “Alhamdulillah, keamanannya juga kondusif,” katanya.

Rukman berjanji akan segera menambah peralatan keamanan di pos ronda. Saat ini, pos ronda RT 01 baru dilengkapi kentongan, alat pemadam api ringan, dan jadwal ronda malam. “Kita juga bakal bentuk kelompok sadar hukum,” tegasnya. (mg06/don)