RT 013 Ciwirumasjid Hijau dengan Tanaman Obat dan Sayur

0
619 views

WALANTAKA – Tanaman obat dan jenis sayur menjadi pilihan warga di beberapa RT untuk penghijauan. Demikian pula warga RT 013 RW 04, Lingkungan Ciwirumasjid, Kelurahan Cigoong, Kecamatan Walantaka.

“Waktu penilaian pertama kali, kami sudah lumayan. Penataan dari pemagaran dan penghijauan sudah terlihat hasilnya. Kami akan tingkatkan lagi untuk (penilaian Lomba Resik Lan Aman/LRLA Kota Serang-red) tahap kedua nanti. Di antaranya, dengan menanam sayuran dan tanaman obat. Sesuai anjuran dari tim juri,” kata Samsiyah, istri dari Ketua RW 04.

Tanaman untuk menghijaukan RT 013 itu tengah disemai. Menurut Samsiyah, jenisnya antara lain, cabai, terong, kencur, kunyit, dan jahe merah. Nantinya, bibit tersebut dibagikan ke setiap warga untuk kemudian ditanam di halaman rumahnya.

“Pembagian tugasnya, ibu-ibu memelihara tanaman dan melakukan penghijauan. Bapak-bapak bertugas menata lingkungan seperti pemagaran, pengecatan, dan merapikan pos ronda. Jadi semuanya bergerak melakukan penataan,” jelas Samsiyah.

Salah satu warga RT 013, Arsunah, menambahkan bahwa penataan lingkungannya sudah dilakukan sejak LRLA di-launching, Februari 2020. Bertahap, warga membenahi lingkungannya.

“Kami mah sudah lama. Di Kelurahan Cigoong, lingkungan kami yang paling pertama melakukan penataan. Awalnya, kerja bakti membersihkan lingkungan. Terus mulai penghijauan dan pemagaran. Pos ronda juga kami bikin lagi yang bagus,” tuturnya. “Sekarang kami lagi fokus pembibitan untuk penghijauan. Sudah ada yang tumbuh, tapi mau kami tingkatkan lagi supaya lebih banyak tanamannya,” tambah Arsunah.

Warga RT 013 lainnya, Eka, membenarkan jika penghijauan dilakukan di tiap rumah warga. Strategi ini, menurutnya, untuk mendorong warga bertanggung jawab terhadap tanamannya. Serta, menumbuhkan partisipasi wargaterhadap lingkungan tempat tinggalnya.

“Masak tanaman di rumah saya yang nyiram bu RW? Kan enggak mungkin,” tukas Eka. (rio/don)