RT 02 Buahlaler Sudah Berwarna

TAKTAKAN – Kerja keras warga RT 02 RW 03, Lingkungan Buahlaler, Kelurahan/Kecamatan Taktakan, telah membuahkan hasil. Jalanan di perkampungan ini telah berwarna. Dua spot foto di sini pun menjadi daya tarik warga.

Ketua RT 02 Yusri mengakui, dulu, kampungnya sama sekali tidak menarik. Sampah berserakan di jalan, rumput liar tumbuh di mana-mana. Bahkan, selokannya pun kotor dan bau. Airnya tidak lancar mengalir.

“Tapi sekarang, kampung saya jadi berwarna,” kata Yusri kepada Radar Banten, Senin (15/6).

Konsep kampung berwarna di RT-nya, kata Yusri, merupakan inisiatif para pemuda yang ingin memaksimalkan pengecatan. Sehingga, kampungnya terlihat semarak dan cerah. “Jalan paving sepanjang 200 meter kita cat ful,” katanya.

Sementara, spot foto di RT 02 dibangun oleh pemuda dan warga dari bambu dan ban bekas. Bahan baku ini digunakan untuk menghemat biaya penataan lingkungan.

Spot foto tersebut, ungkap Yusri, membuat para pemuda di RT-nya betah di kampung. Setiap sore hari, para pemuda nongkrong sambil foto-foto selfi. “Sekarang, setiap sore jadi ramai,” ujarnya.

Pengecatan jalan dan pembuatan spot foto ini, jelas Yusri, dikerjakan setiap sore hingga malam hari. Setelah pulang kerja, para pemuda langsung berkumpul dan berbagi tugas. Ada yang mengecat, ada pula yang memotong bambu. “Alhamdulillah, semuanya kompak,” aku Yusri.

Kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok penggerak sadar hukum di RT ini, lanjut Yusri, telah dibentuk. Kedua kelompok ini juga telah disahkan oleh Lurah Taktakan.

“Semua sudah lengkap. (Alat keamanan-red) pos ronda juga lengkap,” tegas Yusri.

Lurah Taktakan Erlinawati menargetkan, RT 02 bisa meraih juara Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang. Meski tidak juara umum, setidaknya menjuarai salah satu kategori yang dilombakan.

Sebab, ia memastikan, tidak ada warga RT 02 yang membuang sampah sembarangan. “Sampahnya langsung diangkut seminggu dua kali,” jelas Erlinawati. (mg06/don)