RT 02 Ciolang Jaya Didatangi Warga dari Luar

0
1.034 views

TAKTAKAN – Hasil penataan RT 02 RW 01, Lingkungan Ciolang Jaya, Kelurahan Panggungjati, Kecamatan Taktakan, diklaim mampu menarik perhatian warga dari luar RT ini. Hiasan bambu warna-warni dan mural di kampung ini dijadikan lokasi swafoto.

Menurut Ketua RT 02 Ali Agus Gunawan, remaja-remaja dari luar kampungnya, datang setiap hari Sabtu dan Minggu sore. ”Alhamdulillah, kampung kita mulai banyak dikunjungi warga,” katanya kepada Radar Banten, Selasa (18/8).

Lokasi yang menjadi favorit warga dari luar RT 02, kata Ali, adalah hiasan dari bambu yang dicat warna-warni, terowongan segitiga, dan spot foto bertuliskan Ciolang Jaya. Di dekat pos ronda, ada pula sudut tanaman obat keluarga (toga). Dekorasi perkampungan ini merupakan inisiatif para pemuda.

“Alhamdulillah, ini semua berkat kekompakan warga,” jelas Ali.

Ia mengakui, Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 telah membawa banyak perubahan di kampungnya. Sebelum diikutkan perlombaan ini, penghijauan di RT 02 sangat kurang. Hanya ada beberapa warga yang memiliki pot tanaman di pekarangan rumahnya.

Namun, kini, warga RT 02 mulai swadaya untuk melakukan penghijauan. “Sekarang mah walau jalannya masih rusak, tapi kelihatannya hijau dan rapi,” ungkap Ali.

Warga juga sudah melengkapi peralatan keamanan di pos ronda sesuai arahan rim juri. Ali pun optimistis, hasil penataan lingkungan dengan konsep penghijauan, warna-warni dan partisipasi warga yang besar, RT 02 bisa menjuarai LRLA.

“Yakin pasti juara. Soalnya, warga sudah maksimal. Tinggal penyempurnaan aja,” terangnya.

Ali mengaku akan mengurus legalitas kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan, serta membuat dokumentasi foto kegiatan dan catatan swadaya warga. ”Kami lupa. Tapi pekan ini bakal kita beresin,” tandasnya.

Lurah Panggungjati H Jaenuri mengaku senang mendengar kabar bahwa RT 02 sudah mulai banyak dikunjungi warga karena penataannya menarik. “LRLA di RT 02 membuahkan hasil. Saya jamin, penilaian tahap kedua nanti semua RT di Panggungjati dapat nilai bagus, termasuk RT 02,” pungkasnya. (mg06/don)