RT 02 di Ketileng Bakal Hijau

0
683 views

WALANTAKA – Warga RT 02 RW 05, Lingkungan Ketileng, berencana menghijaukan kampungnya. Caranya, dengan memanfaatkan setiap pekarangan rumah warga perkampungan di tengah persawahan di Kelurahan Teritih, Kecamatan Walantaka, ini menjadi kebun mini.

Sekilas, RT 02 yang dihuni oleh 500 jiwa penduduk dari 150 kepala keluarga (KK) ini masih kumuh. Air di selokan pinggir jalan berwarna hitam. Airnya tidak lancar karena sampah. Perkampungan ini juga terasa gersang.

Lurah Teritih Hidayatullah mengakui, sengaja memilih RT 02 RW 05 di Lingkungan Ketileng untuk mengikuti Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 agar tidak kumuh lagi. “Kita akan menghijaukan Lingkungan Ketileng,” tegasnya kepada Radar Banten, Jumat (17/4).

Hidayatullah tidak menampik jika warga RT tersebut belum bergerak menata dan membenahi kampungnya. Kendalanya adalah wabah corona. “Nanti kita fokuskan ke sampah dulu,” katanya.

Setelah masalah sampah selesai, jelas Hidayatullah, penghijauan dimulai. Warga RT 02 akan membeli bibit tanaman seperti pucuk merah, cabai, dan tomat. “Kita akan kerahkan pemuda untuk bikin potnya, dari plastik dan ember bekas,” ujarnya.

Ketua RT 02 Muhamad Rasam mengatakan, pihaknya akan memasang pagar bambu sepanjang 400 meter di pinggir jalan. Serta, membuat tungku pembakaran sampah. Rencana ini akan mulai dikerjakan oleh warga pada pekan depan. “Kita targetkan akhir April sudah selesai,” harapnya.

Rasam ingin, LRLA Kota Serang bisa mengubah pola hidup warganya menjadi lebih bersih. Lomba ini juga diharapkan bisa menumbuhkan kepedulian warganya akan kebersihan dan keamanan lingkungan. (mgo6/don)