RT 02 Kebonsayur Penuh Warna dan Siap Bersaing

0
1.189 views

SERANG – RT 02 RW 07, Lingkungan Kebonsayur, Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Serang, siap bersaing dengan RT lain. Kendati penataan belum rampung, perkampungan ini sudah penuh warga. Warga RT 02 bahu-membahu mengubah lingkungannya.

RT 02 sudah memiliki gapura. Tempat cuci tangan sebagai pencegahan penyebaran virus corona pun disediakan warganya. Penghijauan mengunakan pot tanaman juga dilakukan warga di rumah masing-masing. 

Perubahan paling mencolok adalah, RT 02 menjadi perkampungan warna-warni. Warga mengecat jalan paving block dan tembok-tembok rumah warga dengan warna-warna cerah.

“Di lingkungaan kami, alhamdulillah, semua antusias dan turun membantu penataan. Pembagiannya, ibu-ibu melakukan penghijauan, pemuda dan bapak bapak melakukan pengecatan. Sisanya dilakukan secara bergotong royong,” ungkap Ketua RW 07 Didi Karnadi pada Jumat (19/6).

Didi menyampaikan bahwa penataan lingkungan RT 02 belum rampung. Masih ada beberapa kegiatan sesuai perencanaan yang belum dilakukan warga.

“Pos ronda belum kami buat. Sebenarnya, kami mendapatkan bantuan dari kelurahan untuk pembangunan pos ronda, tapi karena lahannya harus wakaf dan kami tidak punya, dananya kami kembalikan. Tapi kami tetap akan membuat pos ronda walau bangunannya tidak permanen,” jelasnya.

“Untuk ruang terbuka hijau, kami tidak membuat, karena lingkungan kami sangat padat. Kami menyiasatinya dengan melakukan penghijauan di halaman rumah warga dengan pot,” sambung Didi.

Ketua RT 02 Sugiani menambahkan, perubahan di lingkungannya karena semangat dan antusiasme warga. Warga RT ini tidak hanya memberikan bantuan tenaga, tetapi banyak yang memberikan sumbangan uang dan berbentuk konsumsi.

“Swadaya yang dilakukan warga tidak melulu uang. Ada yang membawakan snack dan minuman,” jelasnya. (rio/don)