RT 02 Kembang Menuju Kampung Wisata

0
603 views

CURUG – RT 02 RW 06, Lingkungan Kembang, Kelurahan/Kecamatan Curug, berubah drastis. Perkampungan berubah seperti tempat wisata. Kondisi ini terjadi setelah penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Ketua RT 02 Asroni mengatakan, warga sudah membuat taman di lahan seluas 5.000 meter persegi. Lahan itu milik warga yang sepakat dijadikan taman.

Di dalam lahan itu, warga membuat taman bunga, tempat bermain anak, ruang terbuka hijau (RTH), dan spot foto. Taman ini telah bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

“Warga gotong royong membuat taman di dekat areal persawahan. Sekarang kita ingin kampung ini jadi objek wisata,” kata Asroni kepada Radar Banten, Senin (24/8).

“Alhamdulillah, jembatan udah kita cat warna-warni,” sambungnya. Jembatan yang dimaksud Asroni itu sekaligus menjadi gerbang menuju RTH.

Persiapan RT 02 menuju penilaian tahap kedua sekaligus tahap akhir LRLA, pemagaran ditambah. Pagar yang catnya luntur pun telah dicat lagi.

Ibu-ibu wawrga RT ini ikut sibuk menanam bibit tanaman sayur yang akan ditanam di sepanjang jalan. “Pokoknya, kita bakal buat RT 02 ini jadi hijau dan berwarna,” ungkap Asroni.

Ia mengaku sempat terkendala anggaran lantaran dana stimulan dari Pemkot Serang telat cair. Namun, setelah penilaian tahap pertama, anggaran itu bisa dicairkan dan bisa membantu proses penataan.

“Awalnya kita hanya mengandalkan iuran warga, tapi sekarang ada stimulan,” ujarnya.

Perubahan RT 02, menurut Lurah Curug Suadah, sejalan dengan rencananya untuk menjadikan kampung ini sebagai kampung wisata. Ia pun optimistis dan mendukung RT 02 menjadi kampung wisata. Terlebih, saat ini sudah banyak warga dari luar Kecamatan Curug yang datang untuk rekreasi dan berfoto setiap sore hari.

“Saya sering mantau perkembangan di sana (RT 02-red). Wah, seneng banget liatnya,” tandas Suadah. (mg06/don)