RT 02 Lebih Tertata dan Enak Dipandang

TAKTAKAN – Lingkungan Ciolang Jaya, RT 02 RW 01, Kelurahan Panggungjati, Kecamatan Taktakan, telah berubah. Lebih tertata. Lukisan serta kalimat berisi pesan hidup bersih dan sehat menghiasi beberapa tembok rumah warga. Tanaman di pinggir jalan pun rapi.

Sebagian besar jalan di RT 02 dalam kondisi rusak. Namun, tersamarkan oleh dekorasi dari tangan-tangan terampil warganya. Warga mampu menghias lingkungannya jadi lebih berwarna dan menarik. Tembok rumah warga di pinggir jalan dilukis. Jalan dilengkapi dengan pagar bambu dan ban bekas yang dicat warna-warni.

Ketua RT 02 Ali Agus Gunawan mengatakan, penataan lingkungan RT 02 ini telah dimulai warganya sejak pertengahan Maret 2020. Dimulai dari membersihkan lingkungan. “Alhamdulillah, sejak ada LRLA, lingkungan kami sekarang jadi berwarna,” katanya kepada Radar Banten, Senin (27/4).

Tembok rumah warga tidak hanya jadi media untuk mendekorasi lingkungan RT 02. Warga juga menjadikannya sebagai media untuk menyampaikan pesan agar warga mencintai lingkungannya. Serta, sosialisasi bahaya narkoba.

Radar Banten menemukan tulisan “Jangan Buang Sampah Sembarangan”, “Katakan Tidak pada Narkoba”, serta “Berperilaku Sopan” di dinding tembok rumah warga. Gambar kupu-kupu dan tokoh kartun minion juga terpampang di tembok dekat gapura. “Gambar ini hasil kreasi pemuda,” jelas Ali.

RT 02 yang dihuni 300 jiwa penduduk dari 153 kepala keluarga (KK) ini telah memiliki pos ronda. Warga baru saja merampungkan renovasinya.

Di area pos ronda ini, menurut Ali, warga bakal membuat ruang terbuka hijau (RTH). Lengkap dengan kebun dan wahana bermain anak. “Kita targetkan pengerjaannya selesai pekan depan,” ujarnya.

Rahmat, warga RT 02, optimistis jika RT-nya bisa bersaing dengan RT lain di Kota Serang. Terlebih, RT 02 memiliki komunitas seni yang ikut mendukung LRLA. “Warga kami juga kompak. Yakin, juara,” tandasnya. (mg06/don)