RT 02 Tak Lagi Kumuh

TAKTAKAN – Keikutsertaannya di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 telah mengubah lingkungan RT 02 RW 04, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Taktakan. Salah satu RT di Lingkungan Sindang Mangu ini sebelumnya kumuh. Namun, kini menjadi lebih bersih dan berwarna.

Ban bekas, bambu, dan sampah bekas kemasan minuman menjadi hiasan. Oleh warga, ban bekas dicat warna-warni dan dipajang di sepanjang jalan. Bambu dibuat pagar dan dicat dengan beberapa warna cerah. Kemudian, sampah bekas kemasan minuman dimanfaatkan untuk hiasan gantung di atas jalan di RT 02.

Ketua RT 02 Hariri mengatakan, warganya sudah gorong royong menata lingkungannya sejak dua pekan lalu. Proses pengerjaannya dilakukan malam hari, setelah shalat tarawih sampai waktu sahur. “Di sini, ramainya malam. Siang mah sepi, pada tidur,” katanya kepada Radar Banten, Jumat (1/5).

Diakui Hariri, RT 02 yang dihuni 200 jiwa penduduk dari 70 kepala keluarga (KK) ini tidak lagi kumuh. Tadinya, banyak sampah berserakan dan minim tanaman hijau. Tapi, sejak ada LRLA, warga bergotong royong membersihkan lingkungan. “Nanti kita bakal menanam tanaman obat keluarga di pekarangan rumah warga,” ujarnya.

Setelah proses pemagaran selesai, Hariri berencana mengajak pemuda RT 02 untuk menggambar jalan paving block sepanjang 100 meter. Tokoh film kartun dan imbauan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) akan menghiasi
jalanan di RT ini. “Kita targetkan pekan depan selesai,” tandasnya. Hariri optimistis, warga bisa menyelesaikannya sesuai target. Soalnya, saat ini, banyak pemuda yang tak bekerja karena dirumahkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. “Insya Allah, juara,” ujarnya yakin.

Lurah Kuranji Dade mengimbau agar warga tetap menjaga kondisi lingkungan tetap bersih, aman, dan indah. Jangan sampai ketika penilaian dilakukan juri, lingkungannya kotor lagi. “Kalau mau juara, ya harus konsisten menjaga lingkungan,” pungkas Dade. (mg06/don)