RT 021 Kemeranggen Perlu Penataan Lebih

0
639 views

TAKTAKAN – Dari enam RT di Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Taktakan, yang ikut Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, tampaknya RT 021 RW 007 di Lingkungan Kemeranggen yang masih perlu penataan lebih. Kebersihan dan penghijauan di kampung ini dinilai masih kurang.

Diakui Lurah Tamanbaru Artawi jika RT 021 mendapat banyak masukan dan arahan dari tim juri saat penilaian tahap pertama, periode Mei 2020. ”Masih perlu penataan yang lebih giat dan kompak lagi,” tegasnya kepada Radar Banten, Sabtu (1/8).

Di RT 021, sampah plastik masih berserakan. Pot tanamannya cuma pajangan tanpa tanaman. Kalaupun ada tanamannya, mati. Kering akibat tak diurus.

Hasil penataan lingkungan RT 021 baru sebatas pembuatan gapura, pengecatan jalan dan tembok rumah warga, serta hiasan berupa terowongan dari bambu.

Soal ini, Artawi mengaku sudah menginstruksikan pengurus RT kepada warga untuk bersiap-siap menuju penilaian tahap kedua LRLA. Namun, warga belum bisa melaksanakannya. Gotong royong tidak rutin. ”Masih belum tumbuh kesadaran warganya,” kata Artawi menilai.

Kendati demikian, ia memaklumi lantaran sejak dulu, perkampungan ini kumuh. Butuh perjuangan ekstra untuk mengubah RT 021 menjadi bersih dan nyaman untuk ditinggali.

”Saya enggak mau nyerah. Tahun depan, saya ikutkan lomba (LRLA-red) lagi. Pelan-pelan aja, nanti juga kelihatan hasilnya,” ujar Artawi.

Untuk penilaian tahap dua nanti, tak banyak yang dilakukan warga. Artawi hanya akan mengimbau untuk bersih-bersih lingkungan, serta mengganti tanaman yang mati dan rusak dengan yang baru.

”Untuk RT 021, saya mah pasrah ajalah,” ungkap Artawi.

Ridwan, pemuda RT 021, mengaku tak bisa berbuat banyak lantaran warga kesibukannya bekerja. Soal kondisi tanaman, ia berkilah, bukan karena tak diurus. Tapi karena dimakan kambing. (mg06/don)