RT 021, Wotgalih, Keren!

0
364 views

WALANTAKA – Terpukau. Tim 7 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 merasakan itu ketika sampai di RT 021 RW 07, Lingkungan  Wotgalih, Kelurahan Kalodran, Kecamatan Walantaka, Rabu (13/5). Perkampungan ini rapi, bersih, indah. Penuh warna dengan bunga.

Bermacam jenis bunga ditanam warga RT 021 di kanan-kiri jalan. Berderet dari bagian depan hingga memasuki perkampungan ini. Pot-pot tanaman juga menghiasi pekarangan rumah warganya.

“Yang bikin keren tuh di sini banyak bunga. Saya suka,” kata Atik Herawati, juri perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Serang, melontarkan perasaannya.

Penghijauan dan kebersihan lingkungan RT 021 cukup memuaskan juri. Sentuhan dekorasi berupa pengecatan jalan, membuat perkampungan ini terlihat indah. Enak dipandang. Hal ini menandakan partisipasi warganya untuk mempersiapkan lingkungannya menghadapi penilaian LRLA tahap pertama sangat besar.

“Ibu-ibunya kompak. Para pemudanya juga mendukung penuh penataan di sini,” tandas Atik.

Juri dari perwakilan Radar Banten, M Widodo, menambahkan bahwa warga RT 021 sudah memenuhi kategori lomba, baik fisik maupun administrasinya. Warga sudah membentuk kelompok sadar hukum dan sadar lingkungan yang disahkan melalui Surat Keputusan Lurah Kalodran Nomor 11/SK-Kel/Nomor 1007/I/2020. “Wotgalih lebih condong ke lingkungan berbunga. Harus dipertahankan,” pesannya.

Sementara, dari aspek keamanan, RT 021 dinilai kondusif. Juri perwakilan dari Polres Serang Kota Iptu Darsono menyatakan, belum pernah terjadi kasus pidana di RT ini. “Berdasarkan wawancara dengan RT dan warga, di sini sangat aman. Tinggal pos rondanya aja yang kurang maksimal,” ujarnya.

Lurah Kalodran Arifudin mengaku puas dengan hasil penilaian LRLA tahap pertama di RT 021. Ia berterima kasih kepada warganya yang sudah kompak menata lingkungan. “Untuk penilaian tahap kedua nanti, kami pastikan, bakal lebih maksimal,” pungkasnya. (mg06/don)