RT 03 Dibuat Lebih Indah, Asri dan Hijau

SERANG – Lebih indah, asri, dan hijau menjadi motivasi warga RT 03 RW 03, Lingkungan Lontar Kidul, Kelurahan Lontarbaru, Kecamatan Serang. Mereka, saat ini, tengah berusaha merealisasikannya untuk menambah poin pada penilaian Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 tahap kedua, Agustus mendatang.

Saat penilaian tahap pertama, tim juri memang tidak banyak memberikan catatan untuk pengurus dan warga RT 03. Perkampungan ini dianggap hampir memenuhi semua komponen penilaian.

“Kami hanya diminta tim juri untuk menjaga dan memelihara yang sudah ada dan meningkatkan agar lebih baik lagi,” ungkap Ketua RT 03 Supandi kepada Radar Banten, Selasa (26/5).

Kendati tidak mendapatkan catatan buruk dari tim juri, kata Supandi, warganya tetap berkomitmen meningkatkan penataan lingkungan agar terlihat lebih indah, asri, dan hijau. “Seperti tembok pembatas jalan lingkungan, tadinya kan hanya dicat biasa, setelah berembuk dengan warga, muncul ide untuk membuat lukisan mural agar terlihat lebih indah. Jalan juga kami cat agar telihat lebih rapi,” katanya.

Warga, lanjut Supandi, juga akan menambah bermacam tanaman hias di halaman rumah. “Memang sudah melakukan penghijauan, tapi kami ingin menambah lagi agar saat penilaian tahap kedua nanti, bisa meraih poin lebih tinggi. Kan harus ada progres dari tahap pertama dan kedua,” ujarnya.

Dari sisi keamanan, warga berkolaborasi dengan pemuda saat ronda malam. “Setiap malam, tidak hanya ronda saja, tapi sambil berdiskusi. Apa yang harus dilakukan lagi agar RT 03 lebih meriah lagi. Dari pos ronda itulah ide-ide itu muncul dan besoknya langsung dilaksanakan. Karena warga kami kompak, jadi tidak sulit untuk merealisasikannya, apa pun itu,” tegas Supandi

Salah satu tokoh masyarakat RT 03 Herman Muslih menyatakan, kekompakan warga dan pemuda di RT-nya menjadi modal utama di LRLA. “Alhamdulillah, kami memiliki warga dan pemuda yang patuh dan tertib. Apa pun program RT, semua mendukungnya. Pada LRLA ini, semua warga bahu-membahu. Tidak hanya di perkarangan rumahnya saja, tapi di seluruh lingkungan,” tukasnya. (dre/don)