RT 03, Jagarayu, Jadi Asri

0
1.073 views

CIPOCOK JAYA – RT 03 RW 03, Kelurahan Gelam, Kecamatan Cipocok Jaya, telah berubah. Kini, perkampungan ini lebih bersih dan tidak kumuh lagi. Jadi asri. Indah dan sedap dipandang.

Rumah-rumah warga RT ini terlihat lebih rapi. Setiap rumah di pinggir jalan lingkungan telah dilengkapi pagar bambu dengan cat seragam. Perpaduan warna kuning, merah, biru, putih, dan hijau.

Tembok penahan tanah di pinggir jalan tak luput dari pengecatan. Jalan lingkungan di RT ini pun terlihat lebih rapi dan bersih.

Perubahan wajah RT ini, menurut Ketua RT 03 RW 03 Rohimi, karena warganya tidak mau kampungnya kalah dengan RT lain di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. “Warga sudah melakukan pemagaran dan  pengecatan di halaman rumah masing-masing,” katanya, Rabu (8/4). “Alhamdulillah, warga antusias. Awalnya sih gotong royong dulu membersihkan lingkungan. Setelah itu baru pemagaran dan pengecatan,” sambung Rohimi.

Rohimi menjelaskan, agenda penataan lingkungan RT 03 RW 03 yang tengah dikerjakan saat ini adalah pembangunan gapura. Agenda berikutnya, penghijauan dan pembangunan saluran pembuangan air. “Sekarang lagi bangun gapura. Kita bikin permanen,” ungkapnya.

Kelengkapan sarana dan prasarana pos ronda juga masih menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi warga RT ini. “Pos ronda udah ada, udah dicat juga. Cuma jadwal rondanya belum dibikin,” ujar Rohimi.

Kasi Kesejahteraan Sosial (Kessos) Pemerintah Kelurahan Gelam Erma Karmilawati mengakui jika RT 03 RW 03 telah berubah menjadi asri, meskipun penataannya masih terus dilakukan. Di antaranya, pemasangan tempat sampah dan penghijauan di setiap rumah.

“Untuk penghijauan, kita imbau minimal ada lima pot per satu rumah. Yang di taman bisa bunga atau tanaman obat keluarga (toga-red),” jelas Erma. (rio/don)