RT 03 Karangjaya Garap RTH dan Taman Bermain

0
680 views

KASEMEN – Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang ikut mendorong pemanfaatan lahan yang belum terpakai. Hal itu terjadi di RT 03 RW 04, Lingkungan Karangjaya, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen. Warganya akan menggunakan lahan yang belum terpakai untuk ruang terbuka hijau (RTH).

Ketua RT 03 Amrani mengakui, proses pembuatan RTH masih tahap awal. Lahan bekas bangunan rumah milik warga, tengah diratakan. Batu, besi, dan puing sisa bangunan dibersihkan dari lahan bakal RTH.

“Di sini bakal kita bikin RTH. Kebetulan yang punya lahannya juga setuju,” kata Amrani kepada Radar Banten di lokasi bakal RTH, Selasa (16/6).

Lahan seluas 15 x 8 meter persegi itu, lanjut Amrani, akan dimanfaatkan sebagai penunjang kesuksesan RT 03 di LRLA. RTH akan dibuat karena RT 03 minim penghijauan. Rencananya, warga akan menanam tanaman jenis sayur dan bunga. RTH akan dibuat menarik. Agar berfungsi juga sebagai taman bermain anak.

“Yang punya tanaman di depan rumah masih sedikit. Paling cuma warga yang hobi nanam aja,” jelas Amrani.

Saat ini, warga mulai mempersiapkan bibit tanaman di rumah masing-masing. Di antaranya, bibit pepaya jepang untuk lalapan dan bibit tanaman obat.

“Kita juga sudah membentuk dan mengurus SK (surat keputusan-red) kelompok sadar lingkungan,” terang Amrani.

Kelompok sadar hukum RT 03, lanjutnya, masih proses pembentukan struktur organisasi. Alat keamanan pos ronda juga belum dilengkapi.

“Kami mau fokus ke RTH dulu. Setelah beres, baru ngurusin keamanan,” ujarnya.

Amrani menargetkan, semua kategori lomba bakal dipenuhi dan diselesaikan pertengahan Juli 2020. Ia berharap, warganya semangat dan kompak untuk gotong royong menuju penilaian tahap kedua. “Insya Allah dapet juara,” harapnya.

Lurah Banten Hizbullah optimistis, RT 03 di Lingkungan Karangjaya itu meraih juara. Soalnya, kekompakan warganya terbentuk sejak lama.

“Saya sering mantau perkembangan di sana. Progresnya bagus dan mulai ada perubahan. Lingkungan jadi bagus,” tandas Hizbullah. (mg06/don)