RT 03 Kesawon Selastri Baru Berbenah

0
943 views

SERANG – Persiapan RT 03 RW 03, Lingkungan Kesawon Selastri, Kelurahan Terondol, Kecamatan Serang, menghadapi penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 belum banyak. Warga terlambat membenahi kampungnya. Padahal, penilaian tahap dua akan dilaksanakan awal Agustus 2020.

Ketua RT 03 Ruslan mengakui, warganya telat membenahi kampungnya karena dana stimulan dari Pemkot Serang terlambat diterima pengurus RT. Makanya, saat penilaian tahap pertama, periode 4-15 Mei 2020, kampung ini sama sekali belum disiapkan untuk berkompetisi di LRLA. Rumput masih tumbuh tinggi di pinggir jalan, selokannya pun kotor dan bau, sampah plastik berserakan.

“Waktu itu (saat penilaian tahap pertama-red) cuma bersih-bersih lingkungan sekitar aja,” katanya kepada Radar Banten, Selasa (28/7). ”Supaya saya tidak dapat teguran juri lagi, ini kita kebut penataannya,” sambung Ruslan.

Warga berencana merealisasikan konsep penataan lingkungan RT 03. Sesuai hasil rapat warga, kampung ini akan dijadikan hijau dan bersih. Warga telah mengawalinya dengan membersihkan rumput dan sampah di pinggir jalan. ”Alhamdulillah, semuanya kompak,” ujar Ruslan.

Untuk menghijaukan RT 03, Ruslan mengaku sudah mengimbau warganya untuk memajang beragam tanaman di dalam pot di pekarangan rumah masing-masing. Tanaman dalam pot juga akan dipajang di pinggir jalan.

”Insya Allah, nanti kampung kami jadi hijau,” harapnya.

Lurah Terondol Mahfud tetap mengaku optimis. Ia yakin, kendati terlambat, warga RT 03 bisa menyelesaikan penataan sesuai target. ”Dari awal, yang saya tekankan ialah penghijauan, agar kampung jadi asri,” ujarnya. (mg06/don)