RT 03 Nyapah Masjid Timur Makin Bersih dan Berwarna

0
633 views

WALANTAKA – Keseriusan warga mempersiapkan penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, dibuktikan dengan membersihkan dan mewarnai lingkungannya. Seperti di RT 03 RW 02, Lingkungan Nyapah Masjid Timur, Kelurahan Nyapah, Kecamatan Walantaka.

Sepanjang jalan 300 meter di RT ini, tak terlihat sampah plastik berserakan. Hanya daun kering dan beberapa potongan bambu bekas warga bergotong royong. Di kanan-kiri jalan di RT 03, sejumlah warga sedang mengecat pagar.

“Alhamdulillah, sekarang sudah kelihatan bersih dan berwarna,” kata Lurah Nyapah Oewin Kurniawan kepada Radar Banten, Selasa(7/7).

Ia menjelaskan, sebelum ditata, RT 03 gersang. Kumuh, karena sampah-sampah plastik berserakan. Namun, setelah tim juri datang dan memberi banyak masukan saat penilaian tahap pertama, warga pun sadar dan mulai menjaga kebersihkan.

“Sekarang, kegiatan bersih-bersih sudah terjadwal setiap Jumat pagi,” ungkap Oewin.

Kebersihan lingkungan RT ini mulai terjaga. Ibu-ibu rutin menyapu di halaman rumah masing-masing. Warga juga sudah memiliki tempat pembuangan sampah di bagian belakang kampung.

“Sampahnya belum dikelola sih. Masih dibakar aja,” jelas Oewin.

Untuk mempercantik wajah RT ini, lanjut Oewin, warga berencana membuat hiasan seperti terowongan dari bambu di atas jalan sepanjang 100 meter. Rencana ini akan dilaksanakan setelah warga merampungkan penghijauan dan menambah pemagaran.

“Kalau semua sudah beres, kita baru bikin terowongan. Biar makin mantep,” tegasnya .

Sementara, Babinsa Koramil Taktakan Kopral Satu (Koptu) M Joko Saputro mengaku terkejut dengan semangat dan kekompakan warga mempersiapkan penilaian lomba. Soalnya, waktu diumumkan ada LRLA, tanggapan warga masih biasa saja. Warga baru sadar jika LRLA merupakan lomba bergengsi antar-RT ketika juri datang melakukan penilaian tahap pertama, awal Mei lalu.

“Sekarang saya juga jadi semangat. Pokoknya, warga butuh apa, langsung kita bantu bersama-sama,” tegas Joko. (mg06/don)