Lingkungan Jengkol RT 04 Bakal Dihijaukan

0
91

WALANTAKA – Warga Lingkungan Jengkol, RT 04 RW 05, Kelurahan Teritih, Kecamatan Walantaka, bertekad menghijaukan kampungnya. Setiap pekarangan rumah, bakal dilengkapi tanaman dalam pot.

Sanusi, perwakilan pengurus RT 04, mengaku bahwa warganya sudah bergotong royong membersihkan lingkungan. “Kita bakal melakukan penghijauan,” katanya kepada Radar Banten, Senin (20/4).

Setiap rumah, minimal harus memiliki tanaman di dalam lima pot. Jenis tanaman tidak harus seragam. Warga RT 04 bebas menanam tanaman apa pun. “Karena swadaya, warga dibebaskan menanam sesuka hati,” jelasnya.

Penghijauan di pinggir jalan lingkungan telah manjadi perencanaan warga. Penghijauan ini untuk mencegah warga membuang sampah sembarangan, termasuk di pinggir jalan. “Kalau banyak tanaman kan orang juga malu buang sampah sembarangan,” katanya.

Warga RT ini juga telah menyiapkan puluhan batang bambu untuk memagari jalan sepanjang 400 meter. Bambu diambil dari kebun warga. “Nanti, pagarnya kita cat supaya berwarna,” ujarnya.

Sanusi mengungkapkan, sampah rumah tangga masih menjadi permasalahan di RT-nya. Sebab, hingga kini, belum memiliki tempat pembuangan sampah. “Ini jadi tugas khusus yang harus kita selesaikan,” tukasnya.

Lurah Teritih Hidayatullah menargetkan, penghijauan di Lingkungan Jengkol selesai sebelum memasuki bulan Ramadan. Saat ini, bambu-bambu untuk pagar sedang dikeringkan. “Saya inatruksikan agar besok (hari ini, 21/4-red) warga sudah mulai kebut penataannya,” ujar  Hidayatullah.

Hidayatullah tidak terlalu ambisius mengejar juara. Ia hanya menekankan kesadaran warganya untuk peduli lingkungan. ”Semoga warga jadi peduli terhadap lingkungan dan mau menjaga kebersihan dan keamanan,” harapnya. (mg06/don)