RT 04 Jengkol Mulai Dipagari dan Diwarnai

0
509 views

WALANTAKA – Pemagaran dan pengecatan jalan tengah dilakukan oleh warga RT 04 RW 05, Lingkungan Jengkol, Kelurahan Teritih, Kecamatan Walantaka. Warga belajar dari pengalaman saat penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Mereka mulai membenahi lingkungannya.

Sanusi, pemuda RT 04, menjelaskan bahwa pemagaran dan pengecatan jalan dilakukan sebagai tahap lanjutan penataan menuju penilaian tahap dua pada Agustus 2020. “Alhamdulillah, sekarang udah mulai kelihatan bagus,” katanya kepada Radar Banten, Senin (29/6).

Sebelumnya, warga sudah membersihkan sampah di sekitar tempat pemakaman umum dan permukiman warga. Tempat pembuangan sampah yang minim, membuat kampung ini terlihat kumuh.

“Sejak penilaian tahap pertama, warga mulai rajin bersih-bersih,” ungkap Sanusi.

Warga, lanjutnya, sepakat untuk memberikan iuran sesuai kemampuan masing-masing. Swadaya warga ini untuk melanjutkan penataan lingkungannya. Soalnya, dana stimulan dari Pemkot Serang untuk biaya penataan lingkungan RT 04, sebesar Rp5 juta, sudah habis untuk pemagaran dan pengecatan. Uang dari warga akan digunakan untuk membeli tong sampah dan menambah pot tanaman. “Iuran dimulai pekan depan,” katanya.

Sanusi berharap, semua warga kompak memberikan iuran. “Kita sih enggak ngejar juara. Yang penting, kampung jadi bersih,” harapnya.

Lurah Teritih Hidayatullah menilai, kekompakan warganya mulai tumbuh setelah kedatangan tim juri saat penilaian tahap pertama, periode 4-15 Mei 2020. Apalagi, waktu itu, warga mendapat teguran dari juri karena lingkungannya belum siap dinilai.

“Kalau penilaian tahap kedua nanti, saya jamin, juri bakal senang datang ke sini,” tandas Hidayatullah. (mg06/don)