RT 04 Kalitanjung Mulai Bersolek

0
694 views

CURUG – Warga RT 04 RW 01, Lingkungan Kalitanjung, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, mulai bergerak menata lingkungannya. Kini, perkampungan yang sebelumnya tampak kumuh, mulai tertata dan bersih.

Setiap hari Jumat, warga bergotong royong membersihkan lingkungan. Memasang pagar di sepanjang jalan sekira 300 meter, dan mengecatnya dengan warna merah dan putih. Warga juga mulai melengkapi alat keamanan di pos ronda mereka.

Ketua RT 04 Misna mengatakan, pada penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, periode 4-15 Mei, tim juri banyak menyinggung soal kebersihan, penghijauan, dan alat kelengkapan pos ronda di RT ini. Sebab, menurut Misna, warganya baru mengerjakan pemagaran.

“Sekarang kita mulai lagi gotong royong supaya penilaian tahap kedua sudah bagus,” katanya kepada Radar Banten, Jumat (5/6).

Secara bertahap, warga RT 04 berencana melengkapi alat keamanan di pos ronda. Borgol, alat pemadam api ringan, pentungan hansip, dan buku mutasi tamu akan disediakan. “Kita baru bisa masang jadwal ronda dan nomor (telepon-red) keamanan dulu,” ujar Misna.

Warga juga bakal melakukan penghijauan dengan memajang tanaman dalam pot dari ban bekas, serta  tanaman bunga di sepanjang jalan. Sehingga, diharapkan, perkampungan ini tidak terlalu polos dan terlihat asri.

“Pohon bakal kita pasang seminggu menuju penilaian (tahap dua pada Agustus 2020-red), biar enggak keburu layu,” jelas Misna.

Sebab, kata Misna, mayoritas warga RT 04 bekerja sebagai pedagang dan karyawan, sehingga lebih banyak beraktivitas di luar lingkungan mereka. Dikhawatirkan, warga tidak sempat mengurus tanaman jika saat ini dipasang di jalan.

“Tapi kita tetap bakal usahakan maksimal pada penilaian nanti,” tukasnya.

Lurah Kemanisan H Ade Suminar mengaku sudah mengintruksikan setiap RT dan RW di Kelurahan Kemanisan untuk mulai bergerak lagi menata kampung. Ia juga sudah menerima pengajuan surat keputusan (SK) pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan dari enam RT yang ikut LRLA.

“Kita targetkan semua selesai sebelum penilaian (tahap dua-red),” tegasnya. (mg06/don)