RT 04 Kebaharan Dukuh Masih Tertinggal

0
895 views

SERANG – Sementara ini, RT 04 RW 04, Lingkungan Kebaharan Dukuh, Kelurahan Lopang, Kecamatan Serang, masih tertinggal dengan RT lain peserta Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Warganya harus lebih giat dan kreatif menata lingkungannya agar sesuai kategori dan kriteria lomba.

“Kami sempat libur penataan dulu. Tapi minggu ini, akan dilanjutkan lagi. Yang sudah baru penataan pos ronda, pemagaran, dan pengecatan. Itu juga masih belum selesai, khususnya pengecatan dan penghijauan,” jelas Ketua RT 04 Ayi Rahmat pada Kamis (9/7).

Ayi mengaku, penghijauan di lingkungannya sudah sejak lama dilakukan warga. Namun, tanaman banyak yang rusak dan mati dimakan kambing. Pemilik hewan ternak ini meliarkannya.

“Kami terus berupaya melakukan penghijauan, khususnya di taman yang letaknya berdekatan dengan pos ronda. Tulisan imbauan kepada warga agar bisa menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya di berbagai titik sudah kami pasang,” kata Ayi.

Salah satu warga RT 04, Ratna, menambahkan bahwa kegiatan gotong royong warga, tak hanya dilakukan oleh bapak-bapak dan pemuda. Ibu-ibu RT ini juga selalu ikut membantu menjaga kebersihan lingkungan.

“Alhamdulillah, warga sini sudah banyak yang sadar kebersihan, sehingga penataan tidak terlalu berat. Kami tinggal menghias lingkungan supaya lebih indah,” ujarnya.

Ratna pun mendorong warga RT 04 agar bisa menghijaukan halaman rumah masing-masing. Jenis tanamannya, diserahkan kepada tiap warga.

“Ya, kami pelan-pelan menyampaikan (imbauan penghijauan-red) ke warga. Kan setiap warga beda-beda karakternya,” katanya.

Salah satu tokoh masyarakat RT 04, Iyus Rusdi, berharap, LRLA bisa membuat lingkungannya menjadi lebih indah dan asri. “Semoga, kekompakan warga sini semakin erat, sehingga lebih mudah menata lingkungan,” ujarnya. (rio/don)