RT 04 Kemanisanmasjid Menuju Kampung Berbunga

0
728 views

CURUG – Lingkungan RT 04 RW 02, Kelurahan Sukawana, Kecamatan Curug, mulai menunjukan progres penataan. Warga berencana menanam banyak bunga.

Sebelumnya, pada penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, salah satu RT di Lingkungan Kemanisanmasjid ini sama sekali belum ditata. Warganya, kemudian bergotong royong membersihkan sampah plastik dan rumput liar di selokan dan pinggir jalan.

Setiap hari Jumat, warga bah-membahu membuat pagar dari bambu yang diambil dari kebun. Bapak-bapak bertugas memotong bambu dan menyusunnya menjadi pagar. Pemudanya kebagian tugas memasang pagar di pinggir jalan dan mengecatnya.

“Kami bikin pagar sepanjang 300 meter,” kata Ketua RT 04 Sarta kepada Radar Banten, Jumat (12/6).

Saat ini, warga tengah menyiapkan bibit tanaman bunga. Ada bunga melati, kertas, kamboja, anggrek, dan matahari. “Sekarang masih proses semai. Dua minggu lagi baru kita pindahin ke pot,” jelas Sarta.

Pot tanaman bunga itu, kata Sarta, bakal dipajang di pinggir jalan. Tujuannya agar lingkungan menjadi indah dan rapi.

Untuk memenuhi kriteria penilaian kampung aman, warga RT ini pun sudah merencanakan untuk melengkapi alat keamanan di pos ronda. “Kita sudah punya SK (surat keputusan-red) kelompok sadar hukum dan sadar lingkungan dari kelurahan,” jelas Sarta.

Lurah Sukawana Uyeh Susanto mengaku selalu mengontrol dan memberikan dukungan penuh pada warga di enam RT di wilayahnya yang ikut LRLA. Ia berharap, RT lain yang tak diikutkan lomba termotivasi untuk membenahi kampungnya.

“Saya enggak terlalu berharap banyak soal juara. Yang penting, warga termotivasi,” pungkasnya. (mg06/don)