RT 04 Menuju Kampung Wisata Religi

0
730 views

TAKTAKAN – Lingkungan Karangasem, RT 04 RW 01, Kelurahan Pancur, Kecamatan Taktakan, didapuk menjadi kampung wisata religi. Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 menjadi momen bagi warga untuk mewujudkan impiannya tersebut.

Keinginan warga RT 04 itu karena di lingkungannya terdapat makam Buyut Sayar. Untuk mewujudkannya, saat ini, warga sudah menghias lingkungannya dengan ban bekas. Papan nama kampung mereka juga telah dibuat dari bambu.

Keamanan lingkungan tak ketinggalan menjadi perhatian warga. Mereka telah membangun pos ronda berukuran 4 x 5 meter persegi.

Menurut Ketua Pemuda Karangasem Rido Dinata, pos ronda dibangun di atas lahan hibah dari Sapiin, Ketua RT 04 RW 01. “Pos ronda ini sebagai penunjang keamanan menuju kampung wisata,” katanya kepada Radar Banten, Rabu (29/4).

Alat keamanan dan pendukung lain di pos ronda telah dilengkapi. Antara lain, borgol, kentongan, alat pemadam api ringan, dan buku mutasi tamu. “Tinggal membuat kelompok sadar hukum,” ujar Rido.

Penataan lingkungan RT 04 telah dilakukan warga sejak Januari 2020. Para pemuda menjadi penggerak gotong royong warga. Ide dan kreativitas pemuda pun diandalkan. “Kita membeli bambu, cat, dan ban bekas untuk menghias lingkungan,” kata Rido.

Babinsa Serda Jamadi menilai, RT 04 potensial menjadi kampung wisata religi. Bukan hanya karena keberadaan makam Buyut Sayar. Tetapi juga karena lingkungannya bersih, indah, dan aman. “Kita pastikan, di sini (RT 04-red) aman,” tegasnya.

Sementara, Lurah Pancur Dulsalim mengaku bangga dengan kekompakan dan kreativitas warga RT 04. “Saya optimistis, bakal juara,” pungkasnya. (mg06/don)