RT 04 Perlu Penghijauan

SERANG – Penghijauan di RT 04 RW 011, Lingkungan Sukajadi, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, menjadi catatan Tim 9 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, Senin (4/5). Pengurus dan warga RT ini diharapkan mampu menambah tanaman di lingkungannya.

Hujan deras mengguyur wilayah Kota Serang saat tim 9 tiba di RT 04. Proses penilaian tidak terganggu. Tiga anggota tim juri, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, Polres Serang Kota, dan Karang Taruna, tetap menyusuri jalan dan gang di RT 04. Mereka melakukan penilaian soal kebersihan lingkungan berdasarkan komponen nilai di enam kategori yang dilombakan. Serta penilaian keamanan lingkungan.

“Secara keselurahan, warga sudah bagus menata lingkungan. Cuma masih kurang penghijauannya,” tegas Roni Yuroni kepada Radar Banten.

Beberapa warga telah menghiasi rumahnya dengan tanaman dalam pot. Namun, menurut Roni, jalan lingkungan di RT 04 masih minim penghijauan. “Jadi, dilihatnya masih kurang terasa nuansa hijau dan asrinya,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup (PPLH) pada DLH Kota Serang itu menilai.

Roni menyadari kemungkinan warga RT 04 kesulitan melakukan penghijauan. Diduga, karena lingkungan ini padat penduduk. Sehingga, ketersediaan lahan untuk penghijauan hampit tidak ada.

Akan tetapi, kata Roni, hal itu bukan berarti warga tidak bisa melakukan penghijauan secara maksimal. “Kan bisa pakai sistem hidroponik dari pralon,” ujarnya.

Catatan tim 9 lainnya adalah ketersediaan tong sampah yang sedikit di RT 04. “Tapi kondisi lingkungannya mah sudah bersih. Tinggal dihijaukan dan tambah tong sampahnya,” tegas Roni.

Menanggapi itu, Ketua RT 04 Ashari mengaku, pihaknya sudah menempatkan tong sampah di setiap gang. Ada empat gang di RT-nya, dan semua sudah dilengkapi tong sampah.

“Nanti, bakal kita maksimalkan lagi penghijauannya. Ibu-ibu sudah saya minta untuk memperbanyak pot tanaman di pekarangan rumah,” katanya.

Ketua RW 011 Dirgana menjelaskan, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di RT 04 cukup bagus. Setiap bulan, warga membayar iuran untuk pengangkutan sampah dari rumah-rumah warga oleh petugas kebersihan.

“Kami pastikan pada penilaian tahap kedua nanti, semua catatan tim juri sudah kami laksanakan,” tukas Dirgana. (mg06/don)