RT 04 Sukadiri Dituntut Bersih, Asri, dan Aman

0
686 views

KASEMEN – Tuntutan untuk warga RT 04 RW 06, Lingkungan Sukadiri, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, tak hanya terkait Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Warga RT ini juga harus bisa menjadikan kampungnya bersih, asri, dan aman. Sebab, kampungnya berada tepat di lingkungan wisata religi Banten Lama.

Ketua RT 04 Sukron mengakui, awalnya, warga kesulitan menata lingkungannya. Warga terkendala oleh wabah virus corona. Sehingga, semua warga tak bisa turun bergotong royong untuk mengubah wajah kampungnya.

“Akhirnya, kami siasati dengan memberdayakan pemuda yang jumlahnya lumayan banyak,” kata Sukron.

“Mereka (pemuda RT 04-red) ikut serta bergotong royong dengan membuat pos ronda yang ukurannya lebih besar dibandingkan pos ronda di daerah lainnya. Kenapa pembuatan pos ronda yang kami dahulukan? Karena pos ronda penting, apalagi di lingkungan kami ada lahan parkir untuk para peziarah,” tutur Sukron.

Setelah pembangunan pos ronda rampung, lanjut Sukron, warga mulai menghias jalan utama menuju kampung mereka dengan pengecatan dan penghijauan. Beberapa tembok yang selama ini tidak digunakan juga dimanfaatkan oleh pemuda untuk menggambar berbagai lukisan mural.

Warga RT 04 Adung menambahkan, saat ini, kampungnya tinggal melengkapi peralatan keamanan di pos ronda. Juga menyiapkan kelengkapan administrasi yang disyaratkan di LRLA.

“Pos ronda kami baru ada jadwal, tapi nanti akan kami lengkapi lagi yang lainnya,” ujar Adung.

Peran warga yang dimotori pemuda ini, diakyu Adung, telah membuat wajah RT 04 mulai berubah. Kampung ini menjadi lebih bersih dan asri. Enak dipandang. (rio/don)