RT 04 Turus Kulon Kejar Target dengan Hobi Bercocok Tanam

WALANTAKA – Target menjadi lingkungan paling hijau tengah dikejar. Warga RT 04 RW 03, Lingkungan Turus Kulon, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Walantaka, melakukannya dengan hobi mereka.

Ketua RT 04 Supriyadi mengakui, banyak warganya yang suka bercocok tanam. Hampir di setiap rumah di RT ini, halamannya dipenuhi tanaman sayur dan bunga. Hobi ini menjadi modal utama meraih juara untuk kategori lingkungan paling hijau pada Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.  

“Salah satunya, taman milik warga pribadi. Pemiliknya sudah lama membuat taman itu, memanfaatkan lahan kosong miliknya. Beberapa warga lain juga melakukan hal yang sama,” kata Supriyadi, Kamis (28/5).

Supriyadi tidak menampik jika penataan lingkungan RT 04 terlambat. Namun, lingkungan yang sudah hijau menjadi modal. Sehingga, warga tidak terlalu berat menghadapi penilaian lomba tahap dua, Agustus 2020. Warga telah melakukan pemagaran jalan dan memasang hiasan gantung.

“Sisanya bertahap, seperti membuat pos ronda dan taman obat keluarga,” jelas Supriyadi.

Salah satu pemuda RT 04 Indra Gunawan mengakui pentingnya. Menurutnya, bukan hanya untuk memenuhi persyaratan LRLA. Tetapi juga untuk menjaga keamanan lingkungan.

“Selama ini, kalau ronda di teras musala. Rencananya, pos ronda dibangun. Ada dua titik yang dipertimbangkan. Di pinggir jalan raya sama di tengah lingkungan, seberang taman,” ujar Indra. (rio/don)