RT 05 Cibetik nan Cantik

0
913 views

TAKTAKAN – Penataan lanjutan lingkungan RT 05 RW 03, Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan, terus digeber. Pasca penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, perkampungan di Lingkungan Cibetik ini semakin cantik. Kebersihan lingkungannya semakin terjaga. Jumlah hiasan dari bambu pun bertambah banyak.

Nuansa asri di RT 05 ini sangat terasa. Mulai dari gapura dari bambu beratap rumbia. Pot-pot tanaman bunga dari ban bekas bercat warna-warni di kanan-kiri jalan menuju permukiman warga sekira 200 meter, menambah keindahan perkampungan ini.

“Alhamdulillah, sekarang makin keliatan cantik,” ungkap Ketua RT 05 Mastura kepada Radar Banten, Rabu (1/7).

Mastura mengatakan, ia sengaja menggulirkan konsep penataan lingkungannya bertema hijau ceria. Konsep ini dinilai sejalan dengan kondisi RT-nya yang memang sudah asri. Hasilnya, warga menanam bunga dan membuat taman dengan hiasan menara dari bambu dan ban bekas.

Penataan lingkungan RT 05, lanjut Mastura, dilakukan warga dan pemuda secara gotong royong setiap Jumat. Biayanya tidak cuma dari dana bantuan stimulan yang dikucurkan Pemkot Serang sebesar Rp5 juta. Tetapi juga dari swadaya warga.

“Semua masukan dari tim juri sudah kami penuhi,” tegas Mastura.

Lurah Cilowong Bahtiar menambahkan, pihaknya berencana akan terus mengembangkan Lingkungan Cibetik menjadi objek wisata alam di Kota Serang. Lingkungan ini berada di wilayah strategis dan berpotensi jadi objek wisata.

Di Lingkungan Cibetik ada tiga RT. Salah satunya, RT 05 yang diikutkan LRLA. “Jadi, penataannya enggak cuma sampai lomba selesai. Akan terus dikembangkan,” jelasnya.

Menurut Bahtiar, warga di lingkungan Cibetik memiliki semangat dan kekompakan gotong royong yang tinggi.  “Suasananya asri dan bagus, Jadi optimis, (RT 05-red) bakal juara LRLA,” pungkasnya. (mg06/don)