RT 05 Pasirhuni Butuh Bunga-bunga

CURUG – RT 05 RW 03, Lingkungan Pasirhuni, Kelurahan Pancalaksana, Kecamatan Curug, sudah enak dipandang. Ada lukisan dan hiasan menggunakan cat. Ada taman. Dan ada tanaman hijau. Tapi, perkampungan ini belum punya tanaman bunga.

Ketua RT 05 Sahrani mengakui hal itu. RT-nya belum bisa memenuhi kategori lingkungan paling berbunga di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Pihaknya sudah kehabisan anggaran untuk melanjutkan penataan RT-nya menuju penilaian tahap kedua, dijadwalkan pada awal Agustus. Padahal, masih banyak yang harus dilengkapi jika RT 05 ingin memenuhi semua kategori dan kriteria penilaian lomba.

“Kita belum ada tanaman bunganya,” aku Sahrani kepada Radar Banten, Senin (13/7).

Dana stimulan dari Pemerintah Kota Serang untuk menata lingkungan RT sebesar Rp5 juta, kata Sahrani, sudah habis untuk membeli tanaman, cat, dan tripleks untuk melukis gambar binatang dan pemandangan alam. “Hasilnya ya kita sudah punya taman untuk nongkrong dan beberapa lukisan yang dipajang di pinggir jalan,” ungkapnya.

Sahrani mengaku akan mengajak warganya untuk swadaya. Warga diminta iuran seikhlasnya untuk membeli tanaman bunga.

Sahrani menargetkan, ada seratus tanaman bunga yang akan ditanam di taman dan pinggir jalan di RT-nya. “Nanti saya ajak pemuda untuk bergerak menyebar kencleng iuran ke rumah-rumah,” ujarnya.

Sahrani menilai, tanaman bunga sangat penting bagi RT 05. Soalnya, udara di lingkungannya sangat panas ketika siang hari. Tanaman hijau tanpa bunga, menurutnya, belum cukup untuk membuat udara lebih sejuk. Tanpa bunga juga membuat RT 05 kurang indah.

“Apalagi di taman kita cuma ada tanaman hias doang,” tukas Sahrani.

Sementara, Lurah Pancalaksana Ahmad Supi mengaku akan ikut membantu iuran warga RT 05. Ia akan berusaha agar pada penilaian tahap kedua, keenam RT di wilayahnya mendapat nilai bagus dari tim juri.

“Saya enggak mau pengalaman penilaian tahap pertama terulang lagi,” tegasnya. (mg06/don)