RT 05 Punya Rumput Jepang

0
1305

CURUG-Ada banyak cara agar lingkungan terlihat hijau dan asri. Menanam rumput jepang di halaman rumah adalah cara yang digunakan oleh warga RT 05, RW 02, Lingkungan Tinggar Lebak, Kelurahan Sukalaksana, Kecamatan Curug.

Rumput jepang ini sudah lama dibudidayakan oleh warga. Biasanya, selain sebagai penghias halaman, warga juga menjualnya dengan harga bervariatif, mulai dari Rp35 ribu hingga Rp50 ribu per diameter dan bisa langsung ditanam.

Pada Lomba Kampung Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2021, warga berencana merawat rumput jepang dengan maksimal. Bahkan pembibitannya diperbanyak agar ketika penilaian nanti, lingkungan mereka terlihat asri dan indah.

Selain itu, warga sudah melakukan gotong royong dengan membersihkan lingkungan dari sampah, serta membuat pemagaran dari bambu sepanjang 500 meter. “Saya sudah intruksikan warga supaya rumput jepangnya diperbanyak,” kata Lurah Sukalaksana H Armin kepada Radar Banten, Minggu (18/7).

Armin mengakui penataan di lingkungannya belum maksimal lantaran masih minim pot tanaman di depan rumah. Selain itu, hiasan di sepanjang jalan juga kurang. Untuk itu, Armin harus lebih kerja ekstra untuk memotivasi warga. “Nanti harus sering-sering saya kontrol,” ujarnya.

Namun, soal konsep penataan, Armin menyerahkan sepenuhnya kepada warga sesuai kemampuan dan kreativitas masing-masing RT. “Semoga dengan rumput jepang ini, RT 05 bisa juara,” harapnya.

Salah satu warga RT 05, Suryati mengaku sangat antusias mengikuti lomba ini. Rumput jepang di halaman rumahnya pun semakin intens dirawat agar tumbuh maksimal. “Iya ini lagi cabutin rumput keringnya, supaya enggak menghambat pertumbuhannya,” kata Suryati. (drp/nda)