RT 05 Sayabulu Bersih, tapi Belum Punya Pos Ronda

SERANG – Masih kurang. Ya, itu penilaian sementara untuk RT 05 RW 07, Lingkungan Sayabulu, Kelurahan/Kecamatan Serang. Perkampungan ini telah bersih dan rapi. Cuma, pos ronda masih menjadi pekerjaan rumah (PR) warganya. Juga, ruang terbuka hijau (RTH).

“Kami, sebenarnya sudah menata sejak Januari. Tapi, bulan Maret dan April terhenti karena Covid-19. Baru pada Mei kami lanjutkan lagi, tapi perlahan karena kesibukan warga,” jelas  Ketua RT 05 Injang Utami pada Minggu (28/6).

Sejak memasuki gang RT 05, hasil penataan lingkungan oleh warganya memang sudah terlihat. Jalan telah dilengkapi lis, beberapa dinding rumah dihias dengan gambar. Di beberapa titik, warga masih melanjutkan pengecatan. Pot-pot tanaman pun tertata rapi di pinggir jalan.

“Sekarang, kami lagi fokus pengecatan di dalam gang, juga persiapan membuat papan mading. Awalnya, di jadwal (kegiatan warga-red), pembuatan pos ronda ditargetkan rampung akhir bulan ini (Juli 2020-red). Tapi karena ada salah satu warga yang terkena musibah, kami undur bulan depan (Juni-red). Target kami, pos ronda dan rumah benih selesai pertengahan bulan depan,” tambah Injang.

Kebersihan lingkungan RT 05 cukup terjaga. Sampah rumah tangga dari RT ini diangkut oleh pihak Pemkot Serang.

Kendati demikian, warga tetap mendirikan bank sampah untuk meningkatkan pendapatan warganya. ”Bank sampah sudah terbentuk sekitar tiga bulan lalu, tapi baru beroperasi satu bulan terakhir. Untuk awal, kami utamakan limbah botol dan gelas plastik, juga bungkus kopi saset. Yang mengelola ibu-ibu pokja dan ibu-ibu PKK. (Sampah plastik-red) dibuat menjadi pernak-pernik. Yang masih kami upayakan adalah membuat sapu dari botol plastik,” jelas Injang.

Tribowo widyastanto, anggota Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Kelurahan Serang, menambahkan bahwa warga RT 05 juga masih punya aganda pembuatan RTH. Rencana ini juga tertunda.

”Salah satu kendalanya adalah lokasi untuk pos ronda dan ruang terbuka hijau. Lokasi yang sudah ditentukan sejak awal, ternyata berubah. Tapi saya lihat, progres penataan di RT 05 terus naik sih. Saya optimis, sebelum penilaian nanti, dua PR itu bisa diselesaikan,” ujar Tribowo. (rio/don)