RT 06 Pipitan PeDe Jadi Juara

0
555 views

WALANTAKA – Percaya diri (PD). Begitulah yang dirasakan warga RT 06 RW 02, Lingkungan Pipitan, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka. Mereka yakin bisa menjuarai Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Dasarnya, semua kategori lomba telah dipenuhi.

Pemuda RT 06 Jhoni E Wangga mengatakan, warga baru saja menyelesaikan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) dan taman bemain anak-anak. “Sekarang kita percaya diri jadi juara,” tegasnya kepada Radar Banten, Minggu (7/6).

Kepercayaan diri warga RT ini, kata Jhoni, tumbuh berdasarkan perubahan kampungnya. Bukan hanya fisik atau wajah RT 06, tetapi juga pada pola pikir warganya. Kesadaran akan pentingnya kebersihan, keamanan, dan keindahan telah terbangun.

“Kami jamin, warga enggak ada lagi yang buang sampah sembarangan,” tukas Jhoni.

Soalnya, warga RT 06 sudah meyediakan tempat sampah di rumah masing-masing. Ada yang menggunakan kantong pelastik, ada yang membangun bak sampah. Setiap warga kemudian membuang sampahnya di lahan yang disediakan sebagai tempat pembuangan sampah sementara. Lokasinya di belakang perkampungan mereka.

“Warga juga sudah ngerti pemisahan sampah organik dan nonorganik,” jelas Jhoni.

Alat keamanan di pos ronda RT ini pun telah dilengkapi. Dari borgol, pentungan, buku mutasi tamu, kentongan, nomor telepon penting atau darurat, jadwal ronda, dan alat pemadam api ringan (apar). “Kita juga punya tempat khusus merokok,” kata Jhoni.

Menurutnya, LRLA telah membuat lingkungannya menjadi hijau, aman, dan berwarna. Pagar bambu warna-warni telah dipasang hampir di sepanjang jalan di RT 06. Pot tanaman hijau juga tertata di pinggir jalan. Dan hampir di setiap pekarangan rumah warganya, memiliki tanaman. “Tanaman obat juga ada. Pokoknya lengkap,” jelasnya.

Ketua Pelaksana Penataan RT 06 Muhamad Rofiq mengaku akan menggelar rapat lanjutan untuk membahas kegiatan yang perlu dilakukan untuk menyempurnakan penataan lingkungan RT ini. Untuk meraih juara, Rofiq bahkan mengaku akan survey ke RT lain yang ikut LRLA. Sebagai perbandingan.

“SK (surat keputusan-red) kelompok sadar hukum dan sadar penggerak lingkungan sudah punya. Makanya, perlu cari tahu, apa lagi yang harus kita lakukan,” terang Rofiq.

Saat ini, kata Rofiq, sudah banyak warga luar RT 06 yang datang ke kampungnya hanya sekadar untuk berfoto di sejumlah spot selfie di RT ini. Spot-spot selfie ini hasil kreativitas warga. “Kita target juara satu,” tandasnya. (mg06/don)