RT 07 Kadongkelan Masuk Tahap Penyempurnaan

0
855 views

CURUG – Penataan RT 07 RW 02, Lingkungan Kadongkelan, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, hampir rampung. Saat ini, masuk tahap penyempurnaan. Warga tinggal melanjutkan pemasangan pagar dan mempertahankan penghijauan.

Ketua RT 07 Saad mengaku jika pada penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 penataan lingkungannya hanya difokuskan di areal dalam permukiman dengan penghijauan, menuju penilaian tahap dua, warganya akan menambah pemagaran. “Tinggal tahap penyempurnaan aja sih,” katanya kepada Radar Banten, Kamis (18/6)

Pemagaran di bagian depan kampung, ujar Saad, merupakan arahan dari tim juri. Bagian depan RT 07 dinilai masih kumuh. Soalnya, jalannya masih rusak dan minim penghijauan. “(Pemagaran-red) cuma 200 meter. Minggu depan juga beres,” tegas Saad.

Pemagaran lanjutan dilakukan oleh pemuda. Di sisi lain, perawatan tanaman dilakukan ibu-ibu warga RT ini.

RT 07 memang mendapat bantuan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian PUPR. Namun, untuk perawatan, tetap mengandalkan swadaya warga.

“Untung warga kompak dan mau swadaya, jadi kondisi lingkungan tetap bagus dan asri,” ujar Saad menilai.

Ia optimistis, RT-nya bisa meraih juara LRLA. Sebab, saat penilaian tahap pertama, tim juri banyak memberi tanggapan positif. Apalagi, persyaratan lomba, fisik dan administrasi, telah dipenuhi. “Insya Allah, juara,” tandasnya.

Lurah Kemanisan Ade Suminar mengakui, semangat dan kekompakan warga RT 07 tidak diragukan lagi. Sebelum LRLA digulirkan, warga RT ini rutin gotong royong setiap pekan. “RT 07 itu sudah jadi kampung percontohan buat warga RT lain,” katanya.

Ade menargetkan, RT 07 menjadi juara LRLA Kota Serang 2020. Sehingga, bisa motivasi warga RT lain untuk semakin semangat dan kompak menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. “Sejak awal saya udah bilang, kita harus juara,” tegasnya. (mg06/don)