RT 07 Pekijing Semakin Memesona

0
476 views

TAKTAKAN – Kampung ini menunjukkan pesonanya pada penilaian tahap dua sekaligus terakhir Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Daya tarik RT 07 Rw 03, Lingkungan Pekijing, Kelurahan Kalanganyar, Kecamatan Taktakan, itu setelah warganya mampu memenuhi semua kriteria penilaian lomba.

Pesona RT 07 sebagai kampung resik lan aman bertambah ketika warga menyambut kedatangan Tim 3 Juri LRLA dengan meriah, kemarin (2/9). Diawali dengan penyerahan karangan bunga oleh perwakilan warga, kelompok ibu-ibu yang berbaris di pinggir jalan kemudian menyalami Ade Jumaiah (juri perwakilan dari TP PKK Kota Serang), Abim Khusnudin Samad (juri perwakilan dari Karang Taruna Kota Serang), dan Iptu Bingonilah (juri perwakilan dari Polres Serang Kota). Jajaran Pemerintah Kecamatan Taktakan dan Pemerintah Kelurahan Kalanganyar turut hadir.

Kemeriahan bertambah seiring dua kelompok pemain musik mempertunjukkan kebolehannya. Kelompok pertama membawakan lagu dangdut di bagian depan kampung. Kelompok kedua memainkan gamelan di bagian dalam kampung, dekat ruang terbuka hijau (RTH). Nasi tumpeng dan sate disajikan untuk juri.

Di sela penilaian, Ade Jumaiah menyempaikan kesannya. Ia menilai, warga RT 07 tidak hanya mempertahankan hasil penataan lingkungan mereka sejak penilaian tahap pertama pada awal Mei 2020 sampai penilaian tahap kedua. Tapi, mampu meningkatkan kebersihan, penghijauan, dan keamanan kampung.

”Benar-benar top. Saya makin terpesona sama RT 07,” ungkap istri dari Walikota Serang Syafrudin itu kepada Radar Banten.

Ade juga kagum dengan kekompakan dan partisipasi warga RT ini. Setiap penjurian, hampir semua warga hadir untuk menyambut kedatangan tim juri. ”SK (surat keputusan-red) kelompok penggerak lingkungan juga ada. Kampungnya banyak bunga. Bagus,” tandasnya.

Kendati demikian, Ade tak berani memastikan RT 07 bisa menjuarai LRLA Kota Serang 2020 atau tidak. Pasalnya, masih banyak RT lain yang juga menunjukkan hasil penataan maksimal.

Namun, jika RT 07 juara LRLA, Ade mengaku akan mendaftarkannya sebagai perwakilan Kota Serang di perlombaan yang hampir sama tingkat Provinsi Banten. ”Yang penting, saran saya, warga harus tetap kompak dalam merawat kebersihan dan keamanan kampung,” imbaunya.

Iptu Bingonilah menambahkan, semua alat kelengkapan di pos ronda serta SK kelompok sadar hukum RT 07 sudah tersedia. Keamanan RT 07 pun dinilai terjaga. Warganya aktif ronda malam.

”Semua sudah lengkap, harus terus dipertahankan,” pesannya.

Lurah Kalanganyar Anis Rohman memastikan, pihaknya akan terus mempertahankan semua pencapaian penataan lingkungan RT 07. Ia mengaku, berkat kerja keras warga dan Ketua RT 07 Muhammad, semua kegiatan penataan bisa dilaksanakan.

”Kami sangat senang dengan kehadiran tim juri, karena banyak masukan dan saran yang bermanfaat bagi warga,” pungkas Anis. (mg06/don)