RT 08, Kampung Berbunga

0
801 views

CURUG – Kategori lingkungan paling berbunga pada Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 diincar warga RT 08 RW 03, Kelurahan Cipete, Kecamatan Curug. Hampir di setiap halaman rumah warganya, telah ditanami bermacam bunga.

Persiapan mengubah lingkungannya menjadi kampung berbunga telah dilakukan warga sejakl Februari lalu. Setiap akhir pekan, warga RT di Lingkungan Dahu Lebak ini bergotong royong menata kampungnya.

Menjadikan RT 08 sebagai kampung berbunga bukan tanpa alasan. Sebab, menurut Ketua RT 08 Syamsudin, warganya sudah punya pengalaman mengikuti lomba lingkungan sehat di tingkat Provinsi Banten.

“RT kami pernah mewakili Kota Serang pada lomba lingkungan sehat. Jadi, banyak sedikit, kami sudah punya bekal dan pengalaman lah. Sekarang tinggal melanjutkan dan menata ulang,” katanya kepada Radar Banten, Selasa (14/4) sore.

Di tengah pendemi corona, warga RT 08 masih tetap melakukan persiapan mengikuti LRLA. Mereka menata halaman rumah masing-masing. Seperti di halaman rumah Syamsudin, beserta istri dan anak-anaknya, ketua RT 08 ini membersihkan rumput liar di taman bunga di halaman rumahnya.

“Tentu dengan tetap mematuhi himbauan pemerintah untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan massa. Gotong royong kami hentikan sementara, tapi bersih-bersih lingkungan tetap harus dilakukan. Tanaman kan butuh perawatan juga,” tutur Syamsudin.

Tanaman di halaman rumah warga RT 08 tidak hanya bunga. Tanaman obat keluarga (toga) pun menghijaukan beberapa rumah warga RT ini.

“Ada beberapa warga kami yang memiliki toga. Seperti tumbuhan winong, jahe, kunyit, kumiskucing, temu lawak, kencur, dan masih banyak lagi jenis lain. Toga ini kami rasakan manfaatnya sekarang, di tengah corona. Warga kami tidak kesulitan menemukan bahan untuk membuat jamu,” urai Syamsudin.

Salah seorang warga RT 08, Minarsih, menjelaskan dasar pemilihan kampung berbunga. Yakni, lantaran ibu-ibu warga RT ini kompak bercocok tanam di halaman rumah.

“Kami punya pengajian rutin, dan kami selalu mengajak warga, khususnya ibu-ibu, untuk melakukan hal-hal pisitif meski status kami hanya ibu rumah tangga biasa. Alhamdulillah, semuanya kompak. Bukan hanya karena ada lomba saja, kami selalu menanamkan bahwa kebersihan dan keindahan lingkungan sangat bermanfaat bagi kesehatan,” ucap Minarsih.

Sementara, Lurah Cipete Endang Panji mengatakan, persiapan LRLA sudah mulai dilakukan oleh warga di enam RT yang mewakili Kelurahan Cipete. “Bahkan kami sudah memetakan RT mana saja yang menjadi andalan pada lomba kali ini. Misalnya, RT 08 mengusung tema kampung berbunga. RT 01, temanya lingkungan terinovatif,” jelasnya. (dre/don)