RT 08 Kerasikan Tonjol Tinggal Menambah Pernak Pernik

0
489 views

Lingkungan Kerasikan Tonjol, RT 08 RW 02 Kelurahan Curug Manis, Kecamatan Curug, Kota Serang, siap menghadapi penilaian tahap kedua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Penataan di lingkungan itu, mengutamakan tanaman bumbu dan sayuran yang sudah bisa dimanfaatkan warga dan menghasilkan.

“Lingkungan kami untuk penghijauannya memang mengutamakan tanaman sayuran dan bumbu, karena butuh waktu tidak lama. Hasilnya juga bisa dimanfaatkan oleh warga untuk keperluan pribadi atau dijual. Kebetulan, lingkungan kami banyak yang menjual bumbu ke Pasar Kramatdjati di Jakarta” ungkap Rohman, Ketua RT 08, kemarin.

Di Kerasikan Tonjol, lanjutnya, penataan yang dilakukan warga di antaranya membuat gapura, pemagaran, hingga penghijauan. Selain membuat gapura dari bambu, warga juga membuat gapura permanen di gang memasuki lingkungan rumah warga. Di halaman rumah warga juga banyak tanaman bumbu, seperti jahe, kunyit, kencur, lengkoas, daun salam, sereh, dan bumbu lainnya. “Selain tanaman bumbu, banyak juga sayuran dan bunga. Kalau sayuran, kami buat wadah panjang dari bambu, sedangkan bunga di tanam langsung ke tanah. Tanaman bumbu sudah banyak yang bisa dipanen warga, jadi kelihatannya enggak besar. Karena, kalau sudah layak panen, pasti dijual sama pemiliknya.” terang Rohman.

Jauhari, warga Kerasikan Tonjol menambahkan, penataan di kampungnya sudah hampir selesai. Warga tinggal memasang pernak pernik untuk menambah keindahan lingkungan. “Paling tinggal lampu hias sama pernak pernik untuk peringatan Dirgahayu RI bulan depan. Jadi, satu penataan untuk dua event.” tambah Jauhari. (rio/zai)