RT 10 Kurang Diwarnai Bunga

WALANTAKA – RT  10 RW 03, Lingkungan Tegalkembang, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, sudah hijau. Namun, belum diwarnai dengan bunga-bunga. Hasil penataan lingkungan RT ini belum cukup memuaskan Tim 12 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 pada Selasa (12/5).

Juri perwakilan dari Forum Kota Serang Sehat, Nia Kurniatillah, mengatakan, dari aspek partisipasi warga RT 10 sudah sangat bagus. Penilaiannya itu bisa terlihat dari kebersihan dan hasil penataan lingkungan RT ini. Pos ronda dan gapuranya telah dicat, penghijauan dengan tanaman hijau di dalam pot, dan jalan yang bebas sampah plastik.

“Tinggal ditambah tanaman bunga, biar makin indah,” kata Nia kepada Radar Banten.

Ia menyayangkan, pengurus RT 10 belum membentuk kelompok sadar lingkungan. Padahal, warganya sudah kompak bergotong royong. “Sudah saya sarankan agar segera membentuk kelompok sadar lingkungan. Supaya lebih terorganisir penataannya,” terang Nia.

Nia juga meminta agar warga membuat ruang terbuka hijau (RTH) dengan tanaman obat keluarga (toga) dan taman bunga. Juri belum banyak menemukan bunga di RT ini. “Semoga, di penilaian tahap kedua nanti, sudah terealisasi,” harapnya.

Dari aspek keamanan, Ipda Rudi Purwanto menyatakan, belum pernah terjadi kasus pidana seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pencurian, dan kenakalan remaja di lingkungan RT 10. ”Pos rondanya juga sudah dibangun . Siskamlingnya aktif. Saya minta, pengurus RT juga membentuk kelompok sadar hukum,” jelas juri dari perwakilan Polres Serang Kota itu.

Lurah Pipitan Tuti Sumiyati mengaku, penghijauan di RT 10 sesuai permintaannya, agar setiap rumah memiliki tanaman di dalam pot. “Penilaian tahap kedua, saya pastikan, sudah banyak bunga,” tegasnya. (mg06/don)