RT 10 Pakuncen Bidik Partisipasi Warga Terbaik

WALANTAKA – Warga RT 10 RW 06, Lingkungan Pakuncen, Kelurahan Kalodran, Kecamatan Walantaka, mulai memasang pagar di jalan lingkungan mereka. Dari jumlah warga yang bergotong royong, RT ini membidik partisipasi warga terbaik pada Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Setelah kedatangan Tim 7 Juri LRLA pada penilaian tahap pertama, warga RT 10 termotivasi untuk menata lingkungannya. Ketua RT 10 Fatoni langsung berinisiatif menggelar rapat untuk penataan lingkungan mereka menuju penilaian tahap kedua, Agustus nanti.

“Warga antusias banget. Terbukti pas mulai gotong royong, banyak yang ikut partisipasi,” katanya kepada Radar Banten, Kamis (4/6).

Dijelaskan Fatoni, selain aktif gotong royong, warganya juga berinisiatif menggalang iuran untuk menambah biaya penataan lingkungan mereka. Bukti swadaya warga juga akan dicatat dalam buku laporan keuangan RT 10.

“Sesuai arahan juri, kita harus membuat dokumentasi swadaya warga dan foto kegiatan,” ujarnya.

Warga langsung bergerak membuat pagar di sepanjang jalan sekira 300 meter. Warga menargetkan, pemagaran selesai akhir Juli 2020, agar siap pada saat penilaian tahap kedua nanti. “Pagarnya kita cat warna-warni,” ujar Fatoni.

Penghijauan dengan tanaman dalam pot dan membuat ruang terbuka hijau (RTH) masih dalam perencanaan warga RT ini. “Di RTH-nya, nanti kita tanam tanaman obat keluarga,” jelas Fatoni.

Lurah Kalodran H Arifudin menambahkan bahwa warga di enam RT yang diikutkan LRLA sedang bergerak menata lingkungan mereka. Pengurusan penerbitan surat keputusan (SK) pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan juga tengah dilakukan.

“Setelah kedatangan tim juri, warga jadi makin semangat. Partisipasinya juga sangat besar,” katanya.

Arifudin mengaku rutin mengontrol kegiatan gotong royong warganya setiap malam dan siang hari. Ia memastikan, pada penilaian tahap kedua nanti, keenam RT di Kelurahan Kalodran sudah bagus dan layak dapat nilai tinggi.

“Yakin pasti juri bakal kaget dengan penataan yang sudah warga lakukan,” ungkapnya. (mg06/don)