RT 10 Tegalkembang Jauh Lebih Hijau

0
730 views

WALANTAKA – Bunga dan tanaman jenis sayur telah mengubah kampung ini. Sekarang, RT 10 RW 03, Lingkungan Tegalkembang, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, lebih hijau. Penataan lingkungan kampung ini telah rampung.

“Sekarang sayurannya sudah banyak yang habis karena hampr setiap malam, yang ronda bacakan. Sayurannya diambilin. Tapi kami tidak kekurangan sayuran karena benihnya cukup banyak,” kata Ketua RT 10 Mamat pada Rabu (26/8).

Ia mengaku, kegiatan warga menata kampungnya telah lama dihentikan. Kini, persiapan RT-nya menghadapi penilaian tahap akhir Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 hanya merawat hasil penataan. Serta, memelihara tanaman yang memenuhi halaman rumah warga.

“Yang masih kurang di lingkungan kami itu peralatan pos ronda. Baru ada jadwal ronda yang sudah berjalan sama kentongan. Peralatan lainnya seperti apar, borgol, dan nomor telepon penting belum ada. Kami upayakan sebelum penilaian nanti sudah ada,” ujar Mamat.

Sohari, salah satu warga RT 10, menjelaskan bahwa penghijauan di kampungnya memang menjadi perhatian utama warga. Awalnya, warga memang belum terbiasa menanam. Tapi kini, RT 10 menjadi hijau., Tidak gersang lagi.

“Proses lomba memang saya rasakan agak lama. Tapi positifnya, membuat warga terbiasa terus merawat tanaman di depan rumahnya. Sekarang cuacanya sangat panas, perawatannya harus lebih rutin agar tanaman tidak layu,” tutup Sohari. (rio/don)