RT 11 Tegal Kembang Menuju Kampung Hijau

WALANTAKA – Warga RT 11 RW 03, Lingkungan Tegal Kembang, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka mempunyai target pada Lomba Resik Lan Aman (LRLA)Kota Serang 2020. Mereka bakal mengubah kampung halamannya menjadi hijau penuh oleh tanaman.

Warga di lingkungan tersebut sudah mengawalinya dengan menempatkan berbagai jenis tanaman di kanan dan kiri jalan kampung sepanjang 200 meter. Bahkan, saat ini hampir semua pekarangan rumah warga memiliki tanaman sayuran maupun tanaman hias.

Ketua RT 11 Saidi mengatakan, setelah kegiatan gotong royong membersihkan lingkungannya yang dilakukan warganya pada penilaian tahap pertama, pihaknya kembali mengakomodasi sebagian besar dana stimulan dari Pemerintah Kota Serang untuk membeli tanaman. ”Kita sampai bikin Taman Hijau, khusus milik warga RT 11,” ungkap Saidi kepada Radar Banten, Minggu (26/7).

Kata Saidi, ada beberapa jenis tanaman yang ditanam dan dirawat warga, mulai dari tanaman pucuk merah, pepaya jepang, bunga, jahe merah, sereh, dan tanaman lainnya. Tanaman di Taman Hijau menjadi semacam bank bibit tanaman yang disebar ke rumah-rumah warga. ”Kalau ada tanaman mati, ngambilnya dari sini (menyebut Taman Hijau-red)” terang Saidi.

Saidi berharap, setelah terlaksananya LRLA dan menjadikan RT 11 menjadi kampung hijau, tanaman tetap dirawat dan kebersihannya selalu dijaga dengan baik. ”Pekan depan kita target tambah penghijauan lagi,” katanya.

Ketua RW 03, Kelurahan Pipitan, Ahmad Humaedi menambahkan, selain menambah penghijauan, warga juga bakal melengkapi alat keamanan di pos ronda. “Pokoknya sebelum juri datang, semua sudah beres,” tegasnya.(mg06/zai)